10 Minuman Penghilang Stress Dan Bikin Tubuh Sehat

10 Minuman Penghilang Stress Dan Bikin Tubuh Sehat

Minuman penghilang stress banyak dicari oleh mereka yang kerap merasakan tekanan tinggi dalam aspek apapun. Stres bisa menyerang kapan saja dan di kepada siapa saja tanpa memandang bulu. Kondisi ini adalah jenis resistensi yang dianggap berbahaya oleh tubuh atau otak. Masalah keuangan, pekerjaan, hubungan asmara, keluarga, dan faktor lain yang sulit diatasi semuanya dapat menyebabkan stres.

Setiap orang menangani stres dengan caranya sendiri. Hal-hal yang menimbulkan stres sebaiknya didiskusikan dengan para ahli, baik psikolog maupun psikiater, bagi individu yang sudah mengalami stres berat. Mengontrol pola makan yang sehat dapat berdampak positif pada kesehatan mental.

Makan makanan dan minuman penghilang stress secara konsisten telah terbukti membantu menstabilkan suasana hati dan emosi. Ini karena nutrisi dari makanan yang baik dapat membawa serotonin dan dopamin ke otak, yang dapat meningkatkan mood.

10 Jenis Minuman Penghilang Stress

minuman penghilang stress

  1. Teh Hijau

Minuman penghilang stress yang pertama yaitu teh hijau. Teh hijau yang diseduh, telah terbukti membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Teh hijau mengandung asam amino theanine. Theanine berfungsi untuk melemaskan, mengurangi ketegangan dan mengurangi kecemasan.

  1. Kunyit

Kunyit dapat diminum sebagai minuman penghilang stres, serta digunakan sebagai bumbu masakan atau herbal. Curcumin, komponen bioaktif yang ditemukan dalam kunyit, dapat digunakan untuk meredakan kecemasan, kesedihan, dan stres. Kunyit mengandung kurkumin, yang meningkatkan pengiriman serotonin dan dopamin ke otak.

  1. Jahe

Tak hanya kunyit, jahe juga bisa membantu Anda mengatasi stres. Jahe mengandung konsentrasi tinggi komponen bioaktif dan antioksidan yang membantu memperkuat kemampuan kognitif otak. Dalam pendekatan ini, mineral dalam jahe dapat memerangi stres dan kecemasan yang berlebihan.

  1. Susu Panas

Saat stres, Anda juga bisa minum susu hangat di pagi atau sore hari sebelum tidur.  Susu hangat menjadi minuman penghilang stress yang mengandung triptofan, yang membantu sintesis hormon serotonin di otak guna meredakan stres.

  1. Air Putih

Dehidrasi berdampak negatif pada tubuh dan otak, yang dapat menyebabkan peningkatan stres. Alhasil, minum air putih bisa membantu tubuh dan otak rileks. Konsumsi air yang cukup dapat membantu Anda mengatasi dehidrasi, mengatasi kecemasan, mengurangi ketegangan dan rileks.

  1. Air Kelapa

Air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan gula darah, mencegah batu ginjal, dan mengganti elektrolit setelah berolahraga. Minuman penghilang stress ini telah terbukti meningkatkan kesehatan mental dan kesehatan fisik. Air kelapa memiliki konsentrasi neurotransmiter dan antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu mengatasi stres, serangan panik, dan kecemasan.

  1. Jus

Jus sepertinya menjadi minuman andalan banyak orang untuk melepas dahaga atau melengkapi berbagai hidangan makanan. Karena nilai gizinya yang besar, minuman ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Minuman ini dapat bekerja sebagai pereda stres. Jus mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu menghilangkan stres dengan mengurangi hormon kortisol.

  1. Teh Chamomile

Chamomile tampaknya menjadi rahasia yang dirahasiakan sebagai minuman yang membantu tubuh rileks. Chamomile mengandung antioksidan yang disebut apigenin, yang dapat membantu mengatasi stres, kecemasan, dan insomnia

  1. Teh Lemon

Minuman penghilang stress ini mudah dibeli di pasar atau dibuat di rumah. Jika Anda cemas, Anda bisa mengurangi tingkat stres dengan meminum teh lemon setiap hari. Teh lemon mengandung flavonoid, potassium, magnesium, seng, dan antioksidan, yang membantu menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati. Sebaiknya minum teh lemon saat cuaca panas.

  1. Cuka Sari Apel

Disarankan juga untuk mengkonsumsi cuka sari apel saat Anda merasa sedang banyak tekanan. Menurut penelitian, minum dua sendok makan cuka sari apel dua kali sehari akan meningkatkan kesehatan mental Anda, mengurangi stres, dan memperbaiki suasana hati Anda.

Baca lainnya :   5 Cara Melancarkan BAB Dengan Buah Dan Makanan Ini! 

Nah, itu dia 10 Minuman Penghilang Stress Dan Bikin Tubuh Sehat. Beberapa minuman diatas mungkin sudah cukup populer dan dapat dengan mudah Anda temukan di cafe yang menjual minuman.