6 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

6 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Bahan-bahan alami yang terdapat di rumah dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Komposisi bahan ini dipercaya bermanfaat dalam mengobati kutu di rambut. Kutu rambut adalah serangga tak bersayap yang berdiam di kulit kepala sebagai parasit. Hewan ini tinggal di rambut, bertelur dan memakan darah dari kulit kepala.

Telurnya seukuran serpihan mikroskopis ketombe, sedangkan kutu dewasa seukuran biji wijen. Kulit kepala gatal adalah gejala umum kutu rambut, yang bisa sangat mengganggu. Untuk mengatasi hal ini, berikut cara menghilangkan kutu dan telurnya menggunakan produk alami dan tersedia.

6 Bahan Alami Sebagai Cara Menghilangkan Kutu Rambut

cara menghilangkan kutu rambut

  1. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh adalah satu-satunya minyak esensial yang memiliki karakteristik antijamur dan antimikroba yang dapat membunuh kutu dan kuman. Minyak pohon teh memiliki karakteristik yang membantu melawan kutu dan telurnya.

Penggunaannya mudah: oleskan beberapa tetes minyak pohon teh langsung ke kulit kepala dan pijat ringan.

Kemudian ikat rambut Anda dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu, bilas dengan baik dengan air hangat. Selama sebulan, gunakan pendekatan ini untuk mengobati kutu rambut setiap minggu.

  1. Cuka Dan Garam

Kombinasi natrium klorida dan asam asetat telah terbukti efektif dalam menghilangkan kutu dari kulit kepala. Cuka dan garam memiliki sifat mengeringkan dan menghilangkan kelembaban dari rambut, memungkinkan kutu dan telurnya dibasmi.

Hal ini sederhana untuk digunakan. Campur secangkir garam dan secangkir cuka, lalu simpan dalam botol semprot.

Semprotkan larutan ini ke seluruh kulit kepala dan panjang rambut, lalu bilas dengan air hangat setelah 2 jam. Selama sebulan, ulangi terapi ini tiga kali seminggu.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah metode selanjutnya untuk menghilangkan kutu rambut. Bahan ini harus dioleskan ke kulit kepala dan rambut. Jadi, untuk menghindari menodai bantal Anda, ikat rambut Anda dengan baik dan tutupi dengan topi mandi saat Anda tidur. Gunakan sisir kutu untuk menyisir rambut berminyak dari kulit kepala hingga ujung di pagi hari. Untuk menghilangkan kutu dan telurnya, lakukan seminggu sekali selama sebulan.

  1. Cuka Sari Apel Dan Minyak Kelapa

Cuka sari apel dan minyak kelapa juga efektif mencegah kutu rambut berkembang biak. Asam dalam cuka membunuh kutu dan minyak kelapa kental juga membantu menyingkirkannya. Gosokkan beberapa sendok teh cuka sari apel ke seluruh kulit kepala Anda untuk mengobati kutu rambut menggunakan minyak kelapa dan cuka sari apel. 

Baca lainnya :   5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal

Oleskan minyak kelapa ke rambut Anda setelah kering. Tutupi kepala Anda dengan topi mandi dan biarkan semalaman. Kemudian, keesokan paginya, bilas dengan air hangat. Selama sebulan, ulangi proses ini dua kali seminggu.

  1. Minyak Esensial Lavender

Kutu rambut dapat diobati di rumah dengan minyak lavender, yang aman dan efektif. Menurut penelitian, kutu rambut cenderung tidak merusak kulit yang telah diobati dengan minyak esensial lavender.

Tuangkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam minyak almond atau kelapa, lalu pijat kulit kepala Anda dengan lembut. Sebelum dibilas, biarkan selama 20 menit. Seminggu sekali, gunakan minyak ini.

  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah produk kuliner umum yang dapat digunakan untuk menyingkirkan kutu dan telurnya dengan cepat. Kandungan belerang dan aroma bawang putih yang menyengat diduga dapat menyebabkan kutu lemas dan mati.

Anda dapat menghancurkan 10 siung bawang putih dan campur dengan air jeruk nipis. Kemudian oleskan ke kulit kepala Anda dan biarkan selama 30 menit. Guna menghilangkan kutu mati, cuci rambut Anda dengan air hangat dan sisir. Seminggu sekali, gunakan cara ini untuk membasmi kutu dengan bawang putih.

Nah, itu dia 6 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami. Konsisten dalam melakukan perawatan rambut serta rutin membersihkan rambut dengan shampoo dapat membantu kutu cepat hilang.