5 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan Tubuh

Kolang kaling memang sering dijadikan menu penyegar atau hidangan dingin. Salah satu contoh makanannya bisa berupa es buah atau bahkan cokelat. Makanan ini populer karena rasanya yang kenyal, lembut dan manis. menjengkelkan.

Kolang kaling tidak hanya enak, tetapi juga menyehatkan karena mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi dan antioksidan termasuk flavonoid, polifenol dan saponin, serta agar-agar.

Khasiat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

manfaat kolang kaling

Ada berbagai manfaat makan karena nilai gizinya yang tinggi, antara lain:

  1. Pencernaan Lancar

Kolang kaling adalah camilan berserat tinggi yang meningkatkan sistem pencernaan yang sehat. Ini karena serat dalam buah aren, yang membantu melancarkan buang air besar dan menghindari sembelit.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Komponen serat dalam kolang kaling juga membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Serat mengandung komponen polisakarida galaktomanan yang dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes, menurut penelitian.

Namun penelitian ini masih sebatas uji laboratorium. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat dalam mengontrol kadar gula darah.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Molekul polisakarida galaktomanan dalam makanan ini dapat menurunkan tekanan darah dengan juga menurunkan kadar kolesterol berbahaya dalam tubuh, serta menjaga kadar gula darah tetap normal.

Baca lainnya :   Perhatikan 5 Hal Yang Membatalkan Puasa Serta Pahala

Manfaat hidangan manis ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

  1. Meredakan Nyeri Sendi

Makanan ini telah terbukti dalam beberapa penelitian memiliki senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi, termasuk osteoarthritis. Bahkan, manfaat buah ini dianggap sama efektifnya dengan obat pereda nyeri pada persendian.

  1. Tetap Terhidrasi

Buah yang berbentuk bulat dan berwarna bening ini banyak mengandung air, sekitar 94%. Kudapan ini bermanfaat untuk memenuhi asupan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi karena kandungan airnya yang tinggi.

Kolang-kaling juga dikatakan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang, menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan kulit, selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas. 

Nah, itu dia 5 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan Tubuh. Perlu diingat bahwa Anda masih perlu mengonsumsi berbagai makanan bergizi lainnya untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda. Sayuran, buah-buahan dan makanan dengan jumlah protein dan karbohidrat yang seimbang dianjurkan.