5 Manfaat Kacang Tolo Bagi Kesehatan, Ampuh Jaga Jantung!

5 Manfaat Kacang Tolo Bagi Kesehatan, Ampuh Jaga Jantung!

Kacang tanah yang menyerupai bola mata manusia ini digunakan dalam pembuatan gudeg, peyek, dan makanan Indonesia lainnya. Manfaat kacang tolo pun dilirik oleh mereka pecinta kacang. Teksturnya yang lembut menjadikannya sereal favorit banyak orang, apalagi jika dipadukan dengan sereal lain dalam masakan yang berbeda.

Kacang tolo memiliki beberapa manfaat selain digunakan dalam berbagai masakan karena mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, asam folat dan mangan. Tidak hanya itu, kacang tolo kaya akan serat yang membantu pencernaan dan memberi nutrisi pada bakteri usus. Ada banyak manfaat kacang tolo bila Anda mengkonsumsinya secara teratur.

Mengenal Kacang Tolo

Kacang tolo tergolong dalam kategori kacang-kacangan. Mereka berasal dari Afrika Barat tetapi sekarang ditemukan sebagian besar di lokasi tropis. Jenis kacang ini berwarna krem ​​dengan bintik hitam kecil di tengahnya yang menyerupai bola mata. Anda bisa mengonsumsi atau memasak kacang tolo sebagai camilan. Kacang tolo kadang-kadang dikenal sebagai kacang polong atau kacang polong hitam. Ini memiliki rasa yang kaya dan gurih dan merupakan bahan umum dalam masakan India.

Kandungan Gizi Kacang Tolo

Manfaat kacang tolo sejalan dengan kandungan nutrisinya yang tinggi. Terdapat 194 kalori dan berbagai nutrisi penting dalam 170 gram kacang tolo matang, di antaranya:

  • Kandungan protein: 13 g
  • 1 gram lemak
  • Kandungan karbohidrat 35 g
  • Kandungan serat: 11 g
  • 88%dari kebutuhan folat harian
  • 50% dari kebutuhan tembaga harian
  • 28%dari kebutuhan harian tiamin
  • 23% dari kebutuhan zat besi harian
  • 21% dari kebutuhan harian untuk fosfor
  • 21% magnesium dari kebutuhan harian
  • 20% dari kebutuhan zinc harian
  • 10% dari kebutuhan kalium harian

Selain itu, kacang tolo mengandung vitamin B6, selenium, dan riboflavin. Kacang tolo juga dikenal kaya akan zat bioaktif seperti polifenol. Molekul-molekul ini berfungsi sebagai antioksidan, mencegah kerusakan sel dan melindungi tubuh dari penyakit.

5 Manfaat Kacang Tolo Untuk Kesehatan

manfaat kacang tolo

Manfaat kacang tolo bagi kesehatan karena berbagai kandungan mineral yang baik. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari kacang tolo:

  1. Jaga kesehatan Anda selama kehamilan

Kacang tolo adalah salah satu dari banyak makanan kaya folat. Folat sangat penting untuk pembentukan dan perkembangan saraf janin dan otak. Folat juga penting dalam mengurangi kemungkinan masalah tabung saraf pada bayi, termasuk anencephaly dan spina bifida. Konsumsi kacang tolo sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat kacang tolo juga merupakan pilihan cemilan yang bagus untuk orang yang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat. Ini karena mengandung protein dan serat larut, yang dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama dan membantu mengatur rasa lapar.

Baca lainnya :   Simak! 6 Keuntungan Utama Cold Storage, Bikin Makanan Tahan Lama!

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur, terutama kacang tolo, dapat membantu orang menurunkan berat badan sekaligus menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

  1. Menjaga sistem pencernaan

Serat larut tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi juga merupakan bahan utama dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kandungan serat larut yang tinggi dari kacang tolo dapat membantu penderita sembelit agar buang air besar lebih lancar.

Manfaat kacang tolo dengan serat larut juga dapat bertindak sebagai prebiotik, mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan di perut dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, makan cukup serat dapat membantu meminimalkan timbulnya masalah pencernaan seperti asam lambung, wasir, dan sakit maag.

  1. Jaga kadar gula darah tetap terkendali

Kandungan serat pada kacang tolo dipercaya dapat mengurangi penyerapan gula di usus dan mengurangi kenaikan gula darah. Akibatnya, kacang tolo dapat dianggap sebagai salah satu makanan diabetes terbaik.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat kacang tolo bila dikonsumsi secara teratur juga telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung. Ini karena mengandung polifenol, yang bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah peradangan kronis, yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, kacang tolo berpotensi menurunkan tekanan darah berlebih dan kolesterol jahat (LDL), yang keduanya berperan penting dalam timbulnya penyakit jantung, termasuk gagal jantung dan serangan jantung.

Nah, itu dia informasi seputar 5 Manfaat Kacang Tolo Bagi Kesehatan, Ampuh Jaga Jantung!. Anda sekarang dapat menambahkan kacang tolo ke dalam menu makanan harian Anda. Kacang tolo dapat dimakan sebagai camilan atau ditambahkan ke makanan lain seperti sup, salad, atau bubur. Jenis kacang ini harus direndam dulu sebelum dimasak agar bisa diolah. Hal ini diperlukan agar kacang tolo dapat lebih mudah dicerna dan nutrisinya dapat diserap lebih efektif. Selamat mencoba!