5 Kuliner Unik Khas Kulon Progo Yang Jarang Banget!

5 Kuliner Unik Khas Kulon Progo Yang Jarang Banget!

Berencana melakukan perjalanan wisata ke Kulon Progo? Rasanya tak lengkap jika Anda belum mencicipi kuliner unik khas Kulon Progo berikut ini. Tidak hanya beberapa jenis masakan yang sangat nikmat, tetapi mereka juga memiliki makna dan kenangan yang signifikan dari masa lalu.

Berikut 5 Kuliner Unik Khas Kulon Progo yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Kulon Progo. Jangan sampai ketinggalan karena Anda tidak akan bisa membawa pulang semuanya sebagai oleh-oleh.

5 Kuliner Unik Khas Kulon Progo

  1. Geblek

kuliner unik khas kulon progo

Mengingat Kulon Progo berarti mengingat geblek. Camilan angka delapan ini biasanya dimakan dengan teh atau kopi. Mungkin Anda langsung teringat dengan cireng atau jajanan yang ada di mana-mana di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Karena sama-sama terbuat dari singkong, bisa dibilang mereka bersaudara. Cireng dibuat dengan tepung tapioka atau tepung singkong olahan. Sedangkan geblek menggunakan singkong mentah yang diekstrak dari pati.

Tekstur nya juga unik serta bagian kulit luar geblek ini sedikit garing, namun saat dimakan terasa kenyal di dalam. Sedangkan cireng terasa lebih renyah di bagian dalam dan luar. Geblek biasanya dimakan dengan tempe besengek atau tempe yang dimasak dengan bumbu tertentu.

  1. Tempe Benguk Besengek

kuliner unik khas kulon progo

Tempe benguk besengek dapat ditemukan di Kulon Progo. Mucuna pruriens, nama latin untuk koro benguk adalah anggota keluarga kacang-kacangan. Setelah diproses, bijinya lebih besar, warnanya lebih gelap dan teksturnya lebih kasar daripada kedelai. Tempe benguk besengek adalah camilan yang enak untuk disandingkan dengan geblek.

  1. Sego Berkat 

kuliner unik khas kulon progo

Para tamu yang menghadiri hajatan, khususnya di Jawa, akan membawa pulang sebungkus nasi dan lauk pauk. Sego berkat atau berkah nasi, mengacu pada seluruh paket nasi dengan lauk pauk. Anda bisa menikmati sajian ini di Kulon Progo tanpa harus menghadiri festival.

Baca lainnya :   7 Minuman Teh Untuk Meredakan Sakit Tenggorokan 

Sego Berkat termasuk nasi dengan serai, daun salam dan pandan kecil, diikuti dengan sayur kacang tolo, pepaya muda, gudeg, tahu, tempe dan telur rasa bacem, mie telur dan ayam parut. Makanan ini biasanya di banderol dari harga 8 ribu rupiah hingga 11 ribu rupiah. 

  1. Nuk Santri

kuliner unik khas kulon progo

Menghabiskan waktu di Desa Wisata Purwosari. Pesan nuk santri yaitu nasi dan lauk pelengkap khas pedesaan setempat. Tahukah Anda bahwa sajian nuk santri diciptakan untuk menghormati perjuangan pasukan dengan Pangeran Diponegoro.

Sebelumnya, banyak prajurit Pangeran Diponegoro yang mundur ke pegunungan Menoreh, termasuk di Desa Purwosari. Mereka pun melanjutkan hidup dan melakukan nuk santri untuk mengenang persahabatan mereka dengan sang pangeran. Harga memesan makan ini adalah 200 ribu rupiah untuk 10 porsi makan. 

  1. Dawet Sambal

dawet sambal kulon progo

Rasa manis gula jawa berpadu dengan santan asin identik dengan makanan dawet. Namun, berbeda dengan dawet di Kulon Progo yang menyuguhkan rasa pedas. Sambal dawet terdiri dari cendol dan sambal yang terbuat dari kacang tanah, bawang bombay dan cabai. Sambal dawet biasanya dibuat dengan cendol, tauge, irisan tahu goreng, seledri dan bawang goreng. Rasa cendol, sambal dan es batu, sebaliknya, cukup mengenyangkan lidah karena memadukan sensasi bergetah, pedas, dan asin.