5 Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet Di Kulkas

5 Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet Di Kulkas

Perayaan Idul Adha dikaitkan dengan penyembelihan hewan kurban seperti sapi dan kambing. Daging harus disimpan dengan baik untuk menghindari pembusukan agar dapat terus dikonsumsi. Cara menyimpan daging kurban berikut ini akan membantu Anda mengawetkan daging supaya dapat dikonsumsi lebih lama. 

Setelah hewan kurban tersebut disembelih, maka dagingnya akan diberikan secara merata kepada pembuat kurban, kepada panitia penyelenggara dan kepada semua orang yang berada di sekitar tempat kurban.

Biasanya, setelah distribusi, sejumlah besar daging harus disimpan sebagai persediaan di lemari es di rumah. Jika daging kurban tidak ditangani dengan benar, maka akan rusak atau kehilangan kualitas. Pakar kuliner memberikan banyak teknik untuk menyimpan daging kurban dengan benar. Mulai dari penanganan daging kurban dan melewati tahapan-tahapan sebelum pengolahannya.

5 Cara Menyimpan Daging Kurban Dengan Tepat 

cara menyimpan daging kurban

  1. Jangan Langsung Mencuci Daging

Cara menyimpan daging kurban yang pertama dalam waktu lama yaitu tidak langsung mencuci daging tersebut. Ketika daging kurban dimurnikan sebelum disimpan, bakteri dari daging dapat berpindah ke permukaan lain melalui air yang mengalir.

Daging kurban yang telah dicuci sebelum disimpan mengandung lebih banyak air dan lebih rentan terhadap bau. Hal ini karena air yang tertinggal di dalam daging dapat menyebabkan kelembaban meningkat. Dianjurkan untuk membilas daging kurban hanya sebelum dimasak. Namun, bahkan sebelum dimasak, daging kurban yang sudah dicuci harus benar-benar kering.

  1. Potong Daging Sesuai Kebutuhan

Hindari menyimpan daging secara keseluruhan. Ini dapat dengan mudah menginfeksi daging, mencegahnya disimpan untuk waktu yang lama.

Saat Anda menerima daging kurban, cobalah membaginya menjadi beberapa bagian yang cukup besar untuk dimasak. Setelah beku, itu akan dimasak cukup untuk meleleh.

Kantong 1/2 kilogram atau 1/4 kilogram adalah ukuran ideal untuk menyimpan daging. Pendekatan ini tidak hanya akan mencegah daging dari kontaminasi, tetapi juga akan membuat memasak lebih mudah.

  1. Pastikan Tempat Penyimpanan Bersih

Cara menyimpan daging kurban berikutnya yaitu menyimpan daging dalam freezer menggunakan wadah bersih. Sebelum memasukkan daging ke dalam freezer, pastikan area tersebut bebas dari kotoran dan benda lain yang tidak boleh disimpan bersama daging lainnya. Bahkan jika daging telah ditangani dengan benar, lingkungan penyimpanan yang tidak bersih akan berdampak signifikan pada kualitasnya.

Baca lainnya :   Resep Soto Ayam Kuning Dengan Kuah Bening Yang Segar Dan Nikmat

Pastikan kantong dan wadah penyimpanan daging bebas dari darah yang mengalir sebelum menyimpannya. Jangan biarkan daging cair menumpuk, mengotori lokasi penyimpanan, atau mengotori potongan daging lainnya

  1. Gunakan Wadah Kedap Udara 

Saat menyimpan potongan daging kurban, gunakan wadah kedap udara. Ketika Anda berencana membekukan daging di rumah dalam freezer, wadah kedap udara ini mencegah daging mengering.

Wadah kedap udara ini bisa berupa kotak makan siang dengan penutup atau resleting plastik dengan penutup atas. Anda dapat memilih wadah dengan mengubah jumlah daging yang ingin Anda simpan.

Namun, banyak orang merekomendasikan menggunakan plastik ziplock untuk membuat memasak lebih mudah. Menyimpan daging kurban dalam plastik dengan kunci zip juga cukup untuk dibuang setelah digunakan, menghilangkan kebutuhan untuk mencuci atau khawatir tentang bakteri yang menempel pada daging dan mencemari wadah yang digunakan.

  1. Masukkan Ke Dalam Freezer

Masukkan daging kurban ke dalam freezer sebagai cara menyimpan daging kurban jika ingin lebih awet. Daging yang disimpan pada suhu -17 derajat Celcius atau beku dapat disimpan hingga enam bulan. Sementara itu, daging hanya bisa disimpan di lemari es bersuhu minimal 4 derajat Celcius selama 3-5 hari. Dianjurkan untuk mencairkan daging kurban beku dengan membawanya ke suhu lemari es normal.

Tidak disarankan untuk membekukan kembali dan menyimpan daging beku setelah dicairkan untuk dimasak. Terutama ketika daging beku dibiarkan mencair pada suhu kamar. Hal ini dikhawatirkan akan memperbanyak kuman yang dikandungnya.

Nah, itu dia informasi seputar 5 Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet Di Kulkas. Bagi Anda yang memilih untuk tidak langsung memasak daging, pastikan penyimpanan makanan yang tepat, agar bahan makan tetap fresh dan nikmat disantap.