3 Manfaat Edamame Untuk Bayi Bagi Tumbuh Kembang

3 Manfaat Edamame Untuk Bayi Bagi Tumbuh Kembang

Manfaat edamame untuk bayi tak dipungkiri dijadikan bahan utama untuk bayi pada masa Mpasi. Edamame adalah salah satu jenis kedelai muda. Seperti diketahui, kedelai matang merupakan bahan baku utama salah satu makanan yang paling digemari, tempe dan tahu.

Cina adalah sumber edamame dan kedelai. Namun, istilah edamame mengacu pada masakan Jepang dan Hong Kong yang diterjemahkan sebagai “kacang memanjang”. Manfaat kesehatan edamame, seperti halnya kedelai, mencakup berbagai manfaat kesehatan, termasuk untuk bayi. 

3 Manfaat Edamame Untuk Bayi

3 Manfaat Edamame Untuk Bayi Bagi Tumbuh Kembang

  1. Sebagai Pelengkap Menu Makanan

MPASI adalah singkatan dari makanan pendamping ASI. MPASI biasanya diberikan kepada bayi sejak usia enam bulan. Bayi pada usia tersebut mencoba makanan selain ASI. Makanan juga harus dalam bentuk yang sangat lembut, juga dikenal sebagai bubur atau pure.

Manfaat edamame untuk bayi yang pertama yaitu dapat diberikan kepada anak-anak sejak awal pemberian makanan tambahan. Tahapan pemberian makan edamame sesuai usia anak adalah sebagai berikut:

  • 6 sampai 8 bulan

Anak-anak akan mulai belajar tentang menu MPASI pada usia ini. Oleh karena itu, pemberian edamame harus murni. Pure memiliki tekstur pucat yang lembut sehingga memudahkan bayi untuk menelan. Alternatif untuk memberikan edamame kepada bayi berusia 6 hingga 8 bulan termasuk menyendok edamame murni atau mencampur edamame murni dengan ASI atau susu formula.

  • 9 hingga 18 bulan

Bayi dapat mengenali finger food antara usia 9 dan 18 bulan. Finger food adalah makanan yang dapat dipegang sendiri dan dipelajari oleh anak. Pada usia ini, bayi dapat diberikan edamame di tangannya. Selanjutnya, bayi akan dapat mengambil makanan dengan jari-jarinya. Guna mengurangi risiko tertelan, pipihkan terlebih dahulu edamame yang sudah matang dengan sendok.

  • 18 hingga 24 bulan

Anak-anak pada usia ini seringkali lebih baik dalam mengunyah makanan. Alhasil, manfaat edamame untuk bayi dapat diberikan secara utuh. Namun, hindari menyajikan kulit edamame kepada bayi dan awasi bayi saat Anda memakan edamame utuh.

  • Lebih dari 24 bulan

Ketika bayi berusia di atas 24 bulan, mereka lebih mungkin untuk memahami instruksi. Coba ajari anak Anda cara mengupas kulit edamame dengan tangan pada usia ini. Anak-anak juga bisa diajari untuk mencabut edamame dari kulitnya dengan gigi mereka untuk membuat makan lebih menyenangkan.

  1. Tidak Menyebabkan Reaksi Alergi

manfaat edamame untuk bayi

Manfaat edamame untuk bayi berikutnya yaitu tidak menimbulkan efek alergi pada bayi. Kekhawatiran orang tua tentang alergi pada anak yang baru belajar makan bukanlah hal yang tidak berdasar. Diketahui bahwa makanan pertama pada menu MPASI, terutama menu kacang, dapat memicu alergi pada bayi.

Baca lainnya :   Kenali Ciri Kanker Payudara Serta Cara Memeriksanya Sendiri! 

Alergi makanan terjadi ketika tubuh bereaksi terhadap protein yang dicerna melalui makanan. Reaksi alergi dapat terjadi segera setelah makan atau beberapa jam kemudian. Kabar baiknya adalah edamame memiliki kemungkinan yang sangat rendah untuk memicu alergi. 

Pada kenyataannya, hanya 1% anak-anak yang alergi terhadapnya. Jika alergi edamame berkembang pada seorang anak, itu dapat sembuh dengan sendirinya pada saat anak mencapai usia enam tahun.

  1. Penuh Nutrisi

manfaat edamame

Manfaat edamame untuk bayi ini didukung dengan kandungan nutrisi pada kacang yang sangat baik bagi bayi dan anak anak.

  • Kalori atau energi

Kalori bersama dengan serat, protein, folat, fosfor, dan vitamin K, dapat membantu anak-anak meminimalkan kemungkinan terkena penyakit jantung di kemudian hari.

  • Protein

Edamame mengandung semua asam amino esensial. Protein dalam edamame membantu memperkuat sel-sel tubuh bayi dan mendorong pertumbuhan jaringan.

  • Serat

Serat sangat penting dalam membantu pencernaan tubuh, bahkan pada bayi. Selain itu, serat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus, menghasilkan usus yang sehat.

  • Besi

Selain manfaat zat besi untuk remaja, otak bayi membutuhkannya untuk tumbuh dan berkembang. Zat besi membantu bayi mengurangi kemungkinan mengembangkan masalah reproduksi di masa depan.

  • Folat

Asam folat, bersama dengan vitamin K, zat besi dan zinc adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan cepat bayi baru lahir.

  • Kolin

Kolin adalah nutrisi yang berhubungan dengan vitamin B. Komponen kolin dalam edamame dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak, mengkoordinasikan gerakan otot, dan membantu proses belajar dan menghafal.

  • Vitamin K

Tubuh anak-anak mengandung sangat sedikit vitamin K, oleh sebab itu diperlukan peningkatan suplai vitamin K untuk melindungi anak dari VKDB (Vitamin K Deficient Bleeding) atau masalah darah.

Demikianlah informasi seputar 3 Manfaat Edamame Untuk Bayi Bagi Tumbuh Kembang. Perhatikanlah asupan untuk anak-anak Anda terutama pada mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu. Asupan gizi yang baik melalui makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi akan membantu anak tumbuh dan berkembang dengan sehat.