Mengenal Sindrom Ramsay Hunt Yang Dialami Justin Bieber

sindrom ramsay hunt

Ketika wabah herpes zoster mempengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga, itu dikenal sebagai sindrom Ramsay Hunt (herpes zoster oticus). Sindrom Ramsay Hunt dapat mencakup kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena, selain wabah herpes zoster yang parah.

Virus zoster yang menyebabkan ruam menyebabkan sindrom Ramsay Hunt. sindrom ini dapat menyebabkan kelumpuhan pada wajah penderita hingga gangguan pendengaran. Penyakit ini dapat diobati sejak dini untuk mengurangi risiko gejala sisa, seperti kelumpuhan permanen pada otot wajah dan pendengaran.

Baru-baru ini penyanyi Justin Bieber mengalami serangan mendadak dari sindrom yang membuat wajahnya sebelah kanan tak dapat bergerak. Dilihat dari tayangan video yang ia buat sebagai klarifikasi, mata sebelah kanan nya tak bisa tertutup walaupun ia menutup mata sebelah kiri. Akibatnya, Justin memberikan kabar sedih lantaran harus menunda jadwal konsernya.

Gejala Sindrom Ramsay Hunt

Mengenal Sindrom Ramsay Hunt Yang Dialami Justin Bieber

Sindrom Ramsay Hunt memiliki dua tanda dan gejala utama:

  • Ruam merah yang menyakitkan di dalam dan di sekitar telinga dengan lepuh berisi cairan
  • Kelemahan atau kelumpuhan otot-otot wajah pada sisi yang sama dengan telinga yang terkena

Ruam dan kelumpuhan wajah biasanya terjadi bersamaan. Ada kemungkinan bahwa yang satu terjadi lebih awal dari yang lain. Dalam kasus lain, ruam tidak muncul. Anda mungkin juga memiliki gejala berikut, yaitu:

  • Sakit telinga
  • Gangguan pendengaran adalah masalah umum
  • Telinga Anda berdenging 
  • Mata sulit memutar 
  • Sensasi berputar atau bergerak (pusing)
  • Hilangnya rasa atau perubahan persepsi rasa
  • Mulut dan mata kering

Penyebab 

Orang yang pernah menderita cacar air umumny dapat terkena sindrom ini. Virus tetap ada di tubuh Anda setelah Anda sembuh dari cacar air, kadang-kadang aktif kembali bertahun-tahun kemudian untuk membuat herpes zoster, ruam yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan.

Wabah herpes zoster yang dikenal sebagai sindrom Ramsay Hunt mempengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan kelumpuhan wajah unilateral.

Baca lainnya :   5 Alasan Snowdrop Wajib Di Tonton, Visual Yang Memanjakan Mata

Faktor Risiko

Siapa pun yang pernah menderita cacar air bisa terkena sindrom ini. Penyakit ini dapat mempengaruhi orang-orang di atas usia 60 dan lebih sering terjadi pada orang tua. Pada anak-anak, sindrom ini jarang terjadi.

Sindrom Ramsay Hunt tidak menular. Reaktivasi virus varicella-zoster, di sisi lain, dapat menyebabkan cacar air pada orang yang belum pernah menderita cacar air atau yang telah divaksinasi. Untuk pasien dengan masalah sistem kekebalan, infeksi bisa mematikan. Berikut beberapa orang yang mungkin terkena virus ini, yaitu: 

  • Siapapun yang belum pernah terkena cacar air atau virus cacar air
  • Siapa pun dengan sistem kekebalan yang lemah
  • Bayi
  • Wanita hamil

Komplikasi

Sindrom Ramsay Hunt dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, termasuk:

  • Gangguan pendengaran dan kelumpuhan wajah

Kehilangan pendengaran dan kelumpuhan wajah yang terkait dengan sindrom Ramsay Hunt biasanya sangat sementara. Namun, ia memiliki potensi untuk menjadi permanen.

  • Kerusakan mata

Karena kelumpuhan wajah yang disebabkan oleh sindrom ini dapat menutup kelopak mata bisa jadi sulit. Akibatnya, kornea yang melindungi mata bisa rusak. Sakit mata dan penglihatan yang buruk dapat terjadi akibat kerusakan ini.

  • Neuralgia postherpetik 

Infeksi herpes zoster mempengaruhi serabut saraf, menyebabkan penyakit yang menyiksa ini. Informasi yang dikirim oleh serabut saraf ini menjadi bingung dan diperkuat, menyebabkan rasa sakit yang dapat berlanjut lama setelah tanda dan gejala lain dari sindrom hilang.

Pencegahan

Vaksinasi cacar air sekarang secara rutin diberikan kepada anak-anak, sangat mengurangi risiko infeksi virus. Vaksin herpes zoster juga direkomendasikan untuk orang yang berusia di atas 50 tahun.

Demikianlah informasi seputar Sindrom Ramsay Hunt Yang Dialami Justin Bieber. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kesehatan untuk Anda. Menjaga pola makan dan gaya hidup sehat menjadi salah satu kontribusi dalam menjaga kesehatan.