7 Cara Mengobati Mata Merah Karena Lama Main HP 

7 Cara Mengobati Mata Merah Karena Lama Main HP 

Cara mengobati mata merah berikut ini harus Anda ketahui jika mata Anda sering terlihat merah setelah bermain HP. Tak dipungkiri bahwa berbagai elemen dapat diakses menggunakan handphone di era digital ini. Anda dapat masuk ke media sosial, menonton film atau video, membaca berita, dan bermain game dengan satu sentuhan jari. Banyak orang berharap untuk menatap layar ponsel mereka selama berjam-jam. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan berbagai masalah mata, termasuk kemerahan. 

Cara Mengobati Mata Merah Akibat Main HP

cara mengobati mata merah

Iritasi mata dan kekeringan adalah penyebab paling umum dari mata merah akibat HP. Jika Anda memiliki masalah ini, jangan panik; ada berbagai pilihan untuk mengatasi mata merah.

  1. Oleskan Obat Mata

Mata merah yang disebabkan oleh iritasi atau kekeringan dapat diobati dengan obat tetes mata. Anda bisa mendapatkannya tanpa resep di apotek. Anda dapat membeli obat tetes mata buatan tanpa resep dokter, tetapi Anda tidak boleh membeli obat tetes mata yang mengandung steroid atau antibiotik tanpa resep dokter. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada label kemasan saat menggunakannya. Yang terbaik adalah tidak memakainya terlalu banyak karena dapat menyebabkan masalah mata lainnya.

  1. Tutup Mata Anda Sesaat

Mata merah terkait HP adalah peringatan bahwa mata Anda perlu istirahat. Cara mengobati mata merah berikutnya yaitu cukup dengan pejamkan mata Anda sebentar, misalnya jika Anda sedang tidur siang. Ketegangan di sekitar mata secara bertahap dapat hilang dengan istirahat yang cukup. Untuk memulai, jauhkan HP Anda dari jangkauan agar Anda bisa tidur nyenyak.

  1. Memijat Lembut Bagian Mata

Anda juga bisa memijat lembut daerah sekitar mata. Pijatan ini dapat membantu mengurangi ketegangan dan nyeri pada mata dengan meningkatkan aliran darah ke area tersebut. Menerapkan terlalu banyak tekanan pada mata akan menyakitinya.

  1. Kompres Mata

Menggunakan kompres dingin untuk mengompres mata dapat membantunya rileks. Cukup rendam kain dalam air dingin sebelum memeras dan meremas mata. Tunggu beberapa menit hingga mata Anda terasa segar.

  1. Ikuti Aturan 20:20:20

Cara mengobati mata merah berikutnya yaitu dengan mengikuti panduan 20:20:20. Aturan ini menyatakan bahwa Anda harus mengistirahatkan mata selama 20 detik setiap 20 menit sambil melihat apa pun pada jarak 20 meter. Pendekatan ini dapat membatasi paparan cahaya biru di mata Anda, mencegah mata merah menjadi lebih buruk karena HP yang Anda alami.

  1. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin A

Vitamin A sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Rutin mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A seperti wortel, hati sapi, ubi jalar, bayam, minyak ikan cod, brokoli dan paprika merah. Makanan ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata yang baik.

  1. Tidak Memakai Riasan Pada Mata

Jika mata Anda merah, sebaiknya hindari memakai riasan untuk sementara waktu. Karena riasan mata dianggap mengiritasi mata, itu dihindari. Sebaiknya beri irisan mentimun atau tomat pada mata agar terasa segar.

Baca lainnya :   Simak! 5 Bahan Penghilang Karat Untuk Perabotan Rumah 

Nah, itu dia informasi seputar 7 Cara Mengobati Mata Merah Karena Lama Main HP. Pastikan Anda mengobati mata Anda dengan tepat jika tak ingin kondisi mata Anda semakin memburuk.