Ampuh! 9 Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

Ampuh! 9 Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

Cara menurunkan darah tinggi dengan beragam cara dapat dilakukan dengan ataupun tanpa obat. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sering luput dari perhatian. Penyakit ini sering dianggap sepele, padahal bisa menimbulkan bahaya kematian yang serius jika tidak segera diobati.

Cobalah untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dan hindari masalah serius lainnya seperti penyakit jantung koroner dan stroke dengan belajar mengontrol tekanan darah tinggi Anda.

Pilihan alternatif tersedia selain menggunakan obat tekanan darah. Dengan kata lain, Anda dapat menghindari dan mengontrol tekanan darah tinggi dengan menerapkan gaya hidup sehat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

9 Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Konsumsi Obat

Ampuh! 9 Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

  1. Kurangi berat badan Anda

Orang gemuk lebih cenderung memiliki tekanan darah tinggi. Untuk mencapai ini, Anda perlu mengontrol berat badan Anda. Menurunkan berat badan sangat dianjurkan jika Anda memiliki tubuh gemuk dan berada di ambang obesitas. Menurut beberapa penelitian, penurunan berat badan dapat menurunkan tekanan darah rata-rata 3,2-4,4mmHg.

  1. Gula dan karbohidrat olahan harus dihindari

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa cara menurunkan darah tinggi cukup ampuh dengan mengurangi gula dan karbohidrat olahan dapat membantu mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

  1. Kurangi asupan garam

Orang dengan tekanan darah tinggi harus membatasi asupan garam mereka serta mengurangi asupan gula mereka. Ini karena natrium dalam garam, yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Makanan cepat saji, juga dikenal sebagai junk food, mengandung banyak garam. Pizza, keripik, burger, makanan kaleng, dan makanan lainnya adalah contohnya.

  1. Konsumsi makanan yang kaya potasium

Menyusul pengurangan gula dan garam, sebaiknya tingkatkan potasium atau potasium karena dapat menangkal efek garam dalam tubuh. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko kelelahan pembuluh darah.

Baca lainnya :   Pahami 3 Faktor Serangan Jantung Yang Tak Disadari 

Menelan kalium dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan cara ini. Pisang, yogurt, ikan, jeruk, kentang, tomat, dan bayam semuanya mengandung potasium.

  1. Makan cokelat hitam

Cara menurunkan darah tinggi berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi cokelat hitam dengan kadar kakao 60-70% ternyata dapat membantu penderita tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan adanya kandungan flavonoid dalam dark chocolate. Bahan kimia ini memiliki kemampuan untuk memperlebar arteri darah dan dengan demikian mengurangi tekanan darah.

  1. Konsumsi alkohol secukupnya

Membatasi konsumsi alkohol dapat membantu penderita tekanan darah tinggi. Akibatnya, bahkan 10 gram alkohol dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah 1 mmHg.

Lebih lanjut, menurut beberapa penelitian, asupan alkohol bertanggung jawab atas 16% dari semua kasus hipertensi di dunia. Untuk melakukan ini, batasi konsumsi alkohol Anda hingga satu gelas per hari.

  1. Meningkatkan aktivitas fisik

Aktivitas fisik, seperti berjalan kaki, dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan memperkuat jantung. Setiap pagi atau sore, jalan-jalan. Menurut penelitian University of Western, berjalan kaki selama 30 menit setiap pagi dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Berhenti merokok

Tekanan darah tinggi dan detak jantung juga bisa disebabkan oleh merokok. Karena zat kimia dalam rokok dapat menyebabkan pembuluh darah dan arteri menyempit. Berhenti merokok dapat menjadi cara menurunkan darah tinggi.

  1. Mengelola stres 

Tekanan darah tinggi tampaknya diperburuk oleh stres. Akibatnya, manajemen stres mungkin menjadi pilihan yang layak untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Misalnya, Anda dapat berolahraga, menonton film, mendengarkan musik, berjalan-jalan, dan aktivitas lain yang Anda sukai.

Demikianlah informasi seputar 9 Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat. Langkah alami akan selalu lebih baik daripada harus mengkonsumsi obat-obatan. Namun, tetap pastikan Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan tertentu.