3 Penyebab Jerawat Kistik Serta Cara Mencegahnya! 

3 Penyebab Jerawat Kistik Serta Cara Mencegahnya! 

Jerawat diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori berdasarkan tingkat keparahan kondisinya. Jerawat kistik, sering dikenal sebagai jerawat kistik, adalah jenis jerawat yang paling parah. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan kesabaran dan perawatan yang cermat. Karena ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi jerawat kistik parah, alasannya beragam. Gangguan jerawat kistik yang parah di wajah terkadang bisa bertahan lama.

Jerawat kistik dianggap jerawat parah karena menyebabkan iritasi selama berbulan-bulan pada wajah. Penyakit ini dapat terjadi secara teratur dan dalam beberapa keadaan bisa berlangsung selama bertahun-tahun.

Tidak seperti jerawat pada umumnya, jenis jerawat ini dapat tumbuh dalam ukuran dan menyebar ke bagian lain dari wajah. Ada nanah di dalamnya yang terlihat seperti bisul. Saat jerawat sembuh, seringkali meninggalkan bekas di wajah yang berwarna gelap atau berlubang. Tidak hanya rasa sakit dan penderitaan yang dirasakan akibat dampak tersebut. 

Penyebab Jerawat Kistik

jerawat kistik

Berikut penyebab jerawat parah di wajah yang harus Anda waspadai.

  1. Masalah Hormon

Perubahan hormon di masa remaja, menstruasi, kehamilan, stres atau terapi hormon adalah penyebab paling umum dari jerawat parah, seperti jerawat kistik. Tingkat androgen dalam darah meningkat pesat selama masa pubertas, membantu meningkatkan produksi sebum.

Ketika produksi sebum tinggi, akumulasi sebum di sel kulit meningkat, yang berkontribusi pada pembentukan jerawat. Jika jerawat tidak diobati dengan benar, dapat menyebabkan pertumbuhan lebih banyak jerawat.

  1. Genetika

Genetika, yang terjadi secara alami karena faktor keturunan, mungkin menjadi penyebab jerawat parah berikutnya. Dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat jika kondisi penyakit kulit genetik rentan terhadap obat-obatan dan bahan kimia seperti kortikosteroid, lithium, fenitoin, dan isoniazid.

Karena obat-obatan dan bahan kimia yang tercantum di atas dapat menjadi keras pada beberapa jenis kulit, mereka dapat memperburuk jerawat dan menyebabkan peradangan. Tidak hanya itu, jerawat yang parah bisa bertambah parah karena berkeringat atau menggunakan kosmetik, pembersih, dan pelembab yang tidak sesuai.

  1. Pengaruh Usia

Usia seseorang tampaknya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan jerawat parah. Jerawat pubertas, misalnya, bisa terjadi saat Anda masih remaja karena siklus hormon Anda masih bisa berubah dan bahkan meningkatkan kelenjar sebaceous di pori-pori kulit.

Baca lainnya :   Simak 5 Desain Kantor Paling Unik di Dunia

Demikian pula, jerawat parah memanifestasikan dirinya pada orang di atas usia 20 karena stres, dengan beban pikiran memanifestasikan dirinya pada kulit dalam bentuk jerawat. Hampir semua jenis stres dapat memperburuk masalah kulit. Dimulai dengan jerawat, elastisitas kulit berkurang, membuatnya lebih rentan terhadap kerutan dan membuatnya kering dan kusam.

Cara Mencegah Jerawat

cara mengatasi jerawat kistik

Jika Anda memiliki kasus jerawat ringan atau ingin mengurangi kemungkinan terkena jerawat parah, Anda harus menggunakan tindakan pencegahan untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

  • Bersihkan kulit secara lembut dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda di pagi hari, sebelum tidur dan setelah olahraga berat. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa kotoran di wajah Anda.
  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor atau menyeka wajah dengan tisu secara sembarangan.
  • Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan oleskan tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.
  • Keramaslah dengan rajin dan teratur untuk mencegah minyak rambut menempel di wajah Anda.
  • Pastikan Anda tidak menggunakan handuk di tubuh Anda secara bersamaan dan mengganti seprai bantal secara teratur karena kemungkinan besar akan bersentuhan langsung dengan kulit Anda.
  • Tingkatkan asupan cairan Anda dan makan makanan yang baik dan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, dan ikan untuk menjaga kulit Anda terhidrasi.

Nah, itu dia beberapa penyebab jerawat kistik parah, yang sering dikenal sebagai jerawat kistik, serta cara untuk mencegahnya sebelum menjadi terlalu parah. Kebersihan dan mengelola stress menjadi salah satu kunci untuk meminimalisirkan pertumbuhan jerawat.