Ingin Organ Hati Sehat? 7 Makanan Ini Harus Dihindari!

Ingin Organ Hati Sehat? 7 Makanan Ini Harus Dihindari!

Organ hati adalah salah satu organ yang paling vital dalam tubuh. Anda harus menghindari beberapa makanan yang berbahaya bagi hati untuk melindunginya dari penyakit. Kasus hepatitis akut akhir-akhir ini meningkat di Indonesia. Penyakit yang menimpa kelompok anak muda ini terutama menyerang hati.

Sejauh ini, tidak ada yang tahu apa penyebabnya. Sebagai strategi pencegahan, para ahli mendorong masyarakat untuk menjaga kebersihan dan memastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi tetap higienis. Anda juga dapat memperkuat kesehatan hati selain dengan tindakan pencegahan berikut ini. Salah satunya adalah menghindari makanan tertentu yang berbahaya bagi hati.

Hindari 7 Makanan Berikut Guna Jaga Kesehatan Organ Hati

organ hati

Makanan tinggi lemak dan gula memiliki dampak negatif pada hati. Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari guna menjaga kesehatan hati. 

  1. Kentang Goreng

Hidangan tinggi lemak, seperti kentang goreng atau gorengan, tidak baik untuk organ hati. Hati bertugas mencerna lemak dan mengubahnya menjadi energi. Jumlah lemak yang berlebihan dalam makanan dapat menyebabkan kelebihan hati. Gangguan ini dapat menyebabkan penimbunan lemak pada sel-sel hati.

Makan makanan yang digoreng dapat menyebabkan peradangan dalam jangka panjang, serta masalah hati. Sirosis adalah masalah yang diketahui disebabkan oleh peradangan.

  1. Sosis 

Salah satu zat yang paling mematikan bagi hati adalah lemak jenuh. Daging olahan, seperti sosis, harus dihindari karena mengandung lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenuh lebih berbahaya bagi hati daripada bentuk lemak lainnya, menurut Fatty Liver Foundation.

  1. Krim Kocok Atau Whipped Cream

Krim kocok dapat meningkatkan rasa kue. Di sisi lain, bahan ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Whipped cream memiliki kandungan kalori, gula dan lemak jenuh yang tinggi. Krim kocok, seperti semua makanan lain yang tinggi lemak jenuh, dapat menyebabkan kerusakan hati.

  1. Minuman Beralkohol

Racun seperti alkohol harus disaring oleh organ hati. Beberapa sel hati mati ketika alkohol disaring, menurut Nebraska Medicine. Ini terutama benar jika Anda mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan untuk jangka waktu yang lama.

  1. Susu

9,1 gram lemak jenuh ditemukan dalam setiap 240 mililiter susu. Ini tidak baik untuk orang yang memiliki masalah hati. Namun, Anda bisa beralih ke susu rendah lemak.

  1. Mentega

Mentega, seperti kebanyakan produk susu, harus dihindari jika Anda ingin menjaga kesehatan hati. Kandungan dalam mentega bukan hanya produk susu, tetapi juga mengandung banyak lemak jenuh. Alih-alih menggunakan mentega, Anda bisa menggunakan alternatif yang lebih sehat seperti minyak zaitun.

  1. Es Krim

Makanan penutup yang kaya gula harus dihindari demi kesehatan organ hati yang lebih sehat. Ini termasuk es krim. Selain es krim, makanan lezat lainnya, seperti kue, harus dihindari. Kue adalah makanan yang berbahaya bagi hati.

Baca lainnya :   Puasa Sebentar Lagi, Ini 10 Ide Menu Buka Puasa Pemanis Mulut 

Nah itu dia 7 Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Menjaga Kesehatan Organ Hati. Bila diharuskan mengkonsumsi makanan tersebut, alangkah lebih baik untuk tidak berlebihan. Pola makan yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan hati.