6 Manfaat Semangka, Buah Yang Ampuh Cegah Kanker

6 Manfaat Semangka, Buah Yang Ampuh Cegah Kanker

Tahukan Anda bahwa manfaat semangka mampu cegah kanker? Semangka diperkirakan telah didomestikasi di timur laut Afrika sekitar 4.000 tahun yang lalu. Rasa buah ini manis dan berair, yang menjadikannya kesenangan musim panas yang ideal untuk memuaskan dahaga Anda.

Kulit buah bulat besar ini berwarna hijau dan dagingnya berwarna merah cerah. Ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin A dan C, di antara nutrisi lainnya. Berikut beberapa manfaat semangka yang dapat Anda peroleh jika rutin dikonsumsi.

6 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat semangka

  1. Membuat Anda Terhidrasi 

Sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi agar berfungsi dengan baik. Makan makanan yang kaya air dapat membantu tubuh Anda mendapatkan air yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Semangka memiliki 92% air, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk konsumsi air harian.

Selain itu, karena kandungan airnya yang tinggi, melon ini memiliki kepadatan kalori yang rendah, yaitu jumlah kalori per satuan berat yang rendah. Semangka memiliki kepadatan kalori yang rendah, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Bersifat Anti Kanker

Lycopene dan cucurbitacin E, dua bahan kimia tanaman yang ditemukan dalam semangka, mungkin memiliki sifat antikanker. Meskipun buktinya bertentangan, manfaat semangka dengan kandungan likopen dapat dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari keganasan tertentu, seperti kanker prostat dan kolorektal.

Likopen dianggap bekerja dengan mengurangi faktor pertumbuhan seperti insulin (IGF), hormon yang mendorong proliferasi sel, dalam aliran darah. Kanker berkembang ketika pembelahan sel menjadi tidak terkendali.

Lebih lanjut, cucurbitacin E dapat menekan pertumbuhan tumor dengan meningkatkan autophagy sel kanker. Proses di mana tubuh Anda menghilangkan sel-sel yang rusak dikenal sebagai autophagy. Namun, diperlukan studi yang lebih manusiawi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Manfaat semangka mengandung beberapa unsur yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Penyebab utama kematian di dunia adalah penyakit jantung. Perlu dicatat bahwa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Baca lainnya :   Ampuh! 9 Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

Dalam penelitian, likopen telah terbukti membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah. Itu juga bisa melindungi terhadap kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang berlebihan.

Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat membantu tubuh Anda membuat lebih banyak oksida nitrat. Oksida nitrat menyebabkan arteri darah melebar, menurunkan tekanan darah. Magnesium, potassium, dan vitamin A, B6, dan C adalah beberapa vitamin dan mineral sehat yang ditemukan dalam semangka.

  1. Pencegahan Peradangan

Semangka mengandung antioksidan, likopen, dan vitamin C, yang dapat membantu mencegah peradangan dan kerusakan oksidatif. Dalam penelitian, mengkonsumsi semangka telah terbukti mengurangi peradangan.

  1. Pencegahan Penyakit Mata

Manfaat semangka berikutnya yaitu berkaitan dengan indera penglihatan. Penyakit mata, terutama degenerasi makula terkait usia, dapat dicegah dengan senyawa likopen. Likopen telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian untuk membantu mencegah degenerasi makula. Bahan kimia ini juga membantu meminimalkan iritasi mata.

  1. Menghindari Sembelit

Semangka juga tinggi serat, yang membantu pencernaan. Konsumsi semangka dikaitkan dengan peningkatan kesehatan pencernaan dan penurunan sembelit. Serat dan kadar air semangka dapat membantu pencernaan dengan mendorong buang air besar secara teratur.

Nah, itu dia 6 Manfaat Semangka, Buah Yang Ampuh Cegah Kanker. Semangka adalah buah yang menyegarkan dan manis yang disukai banyak orang selama musim panas. Ini kaya akan air dan mengandung nutrisi seperti likopen, citrulline dan vitamin A dan C. Namun, tetap diperlukan penelitian lebih lanjut.