6 Tips Makan Mie Instan Biar Ga Gemuk!

6 Tips Makan Mie Instan Biar Ga Gemuk!

Rasanya yang enak dan teknik pembuatannya yang sederhana, menghasilkan mie instan yang populer. Ditambah lagi, makan mie instan sering menjadi solusi saat lapar datang di malam hari.

Beberapa orang ragu untuk mengkonsumsinya karena takut berat badan bertambah. Bahkan, Anda tidak perlu khawatir karena ada pilihan lain untuk menikmati mie cepat saji ini tanpa menambah berat badan. 

6 Tips Makan Mie Instan Biar Ga Tambah Berat Badan

tips makan mie instan

  1. Pilih mie yang rendah kalori

Banyak merek mi instan saat ini mengklaim lebih sehat. Namun, jangan terjebak dalam frasa “lebih sehat”, alasannya Anda perlu memeriksa sendiri kandungan nutrisi dari paket tersebut. Pilih makanan rendah kalori sebagai salah satu cara mengkonsumsi mie instan tanpa lemak dan menjaga kesehatan diri.

Indomie, misalnya, dengan ayam bawang dan rasa ayam yang unik. Kedua jenis mie ini memiliki jumlah kalori paling rendah, hanya 300 kalori per sajian. Jadi, jika tidak ingin menambah berat badan, hindari mie dengan double portion.

  1. Beralih ke Mie Shirataki

Anda juga bisa menggunakan mie shirataki untuk menggantikan mie cepat Anda. Karena mie ini rendah kalori sambil tetap mengenyangkan. Tidak hanya itu, shirataki juga baik untukmu. Jadi Anda tidak perlu khawatir berat badan bertambah saat makan mie instan shirataki.

  1. Kombinasikan dengan sayuran

Orang Indonesia mengkonsumsi mie instan dengan nasi putih sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari mereka. Ya, Anda harus segera menghentikan praktik buruk ini. Jika Anda tidak puas hanya dengan satu porsi mie cepat, tambahkan sayuran hijau untuk menjaga kesehatan Anda. Contoh kol Cina, selada dan sawi.

Baca lainnya :   Sering Konsumsi Junk Food? Waspada 10 Efek Negatif Berikut Ini!

Kalium, serat makanan, folat, vitamin A dan vitamin C adalah semua elemen penting yang ditemukan dalam sayuran. Plus, Anda dapat membuat lebih banyak porsi sayuran daripada mie, memastikan Anda tidak menambah berat badan.

  1. Gunakan bumbu sendiri

Meskipun tidak realistis, Anda harus menyadari bahwa rasa mie instan dalam kemasannya mengandung sodium yang tinggi. Sebagai gantinya, buat campuran rempah Anda sendiri. Tentu, itu lebih baik untukmu. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan setengah rasa mi instan.

  1. Sertakan protein

Selain memasukkan sayuran hijau, langkah makan mie instan yang sehat selanjutnya adalah memasukkan protein. Protein membuat Anda kenyang lebih lama. Telur merupakan salah satu bentuk protein yang dapat digunakan. Jika tidak suka, Anda bisa menggantinya dengan daging ayam atau sapi tanpa lemak.

  1. Pilih mie goreng

Jika Anda tidak ingin mengkonsumsi mie kuah, Anda bisa menggantinya dengan mie goreng. Rebus mie dalam air mendidih hingga terpisah atau lunak, lalu tiriskan dan keringkan di atas piring. Dalam wajan panas, goreng mie dengan sedikit minyak sayur. Tambahkan beberapa potong daging atau tahu dan sayuran cincang. Jangan  lupa untuk membumbui dengan garam dan merica, kecap asin atau serpihan cabai secukupnya. Mie instan goreng yang lebih sehat pun siap disajikan.

Nah, itu dia 6 Tips Makan Mie Instan Biar Ga Gemuk!. Namun, perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi mie cepat saji dalam jumlah banyak tidak baik bagi kesehatan. Terapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi.