Resep Nasi Liwet Rice Cooker Yang Lezat Dan Wangi

Resep Nasi Liwet Rice Cooker Yang Lezat Dan Wangi

Apakah Anda bosan dengan menu nasi yang itu-itu saja? Akan lebih mudah untuk menyiapkan satu menu, tetapi pasti bisa digunakan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Berikut ini terdapat resep nasi liwet yang mudah dimasak dengan bahan sederhana. 

Nasi liwet adalah masakan tradisional Indonesia yang berasal dari pulau Jawa, khususnya di kota Solo dan Sunda. Tak heran jika nasi liwet menjadi menu saat berkunjung ke Bandung. Rasa lezat dari menu nasi liwet menjadi ciri khasnya. Akan lebih enak lagi jika disajikan dengan ikan teri goreng asin. Untuk membumbui makanan Jawa ini, tambahkan ayam goreng, tempe, dan tahu. Jangan khawatir, membuat nasi liwet tidak memakan waktu lama. Disamping itu, Anda dapat menggunakan rice cooker untuk memasaknya. 

Bahan Membuat Nasi Liwet

  • Nasi (empat cangkir)
  • 2 batang serai
  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 2 lembar daun salam (opsional)
  • 1 genggam ikan teri (goreng)
  • 2 cabai merah keriting
  • secukupnya air, garam dan kaldu bubuk

Resep Memasak Nasi Liwet Dengan Rice Cooker

nasi liwet rice cooker

  1. Kupas bawang merah dan bawang putih, lalu iris halus bersama cabai. Tumis hingga harum, lalu masukkan ke dalam wajan.
  2. Tambahkan serai ke tumisan setelah dihaluskan. Aduk daun salam sampai semuanya tercampur rata.
  3. Tambahkan ikan teri goreng ke dalam tumisan dan aduk hingga merata. Matikan api dan setelah masak sisihkan dalam mangkuk.
  4. Cuci beras dan tambahkan air secukupnya untuk memasak sesuai petunjuk kemasan. Ya, Anda bisa menambahkan sedikit air ke nasi agar lebih lembut dan pulen.
  5. Isi mangkuk nasi dengan bahan tumis. Tambahkan garam dan kaldu bubuk sampai semuanya tercampur rata.
  6. Masukkan rice bowl ke dalam rice cooker dan nyalakan ke pengaturan Cook, OK Ruppers. Tunggu hingga penanak nasi beralih ke mode panas setelah nasi matang.
  7. Setelah nasi siap, aduk cepat untuk memastikan rasa terdistribusi dengan benar. Sajikan selagi masih panas.
Baca lainnya :   5 Cara Masak Cumi Agar Empuk, Renyah, Dan Tidak Alot!

Nah, itu dia Resep Nasi Liwet Rice Cooker Yang Lezat Dan Wangi. Jika Anda tidak punya waktu untuk memasak, hidangan ini bisa menjadi pilihan yang baik. Disamping itu, Anda tidak akan mudah merasa bosan dengan olahan nasi. Selamat mencoba!