Cuaca Panas! Waspada 4 Penyakit Yang Mengintai 

Cuaca Panas! Waspada 4 Penyakit Yang Mengintai

Iklim di Jakarta dan daerah lain di Indonesia kini cukup panas. Di musim panas, berbagai penyakit menanti Anda akibat dehidrasi berlebihan. Anda mungkin menderita salah satu “penyakit panas” jika Anda mengalami sakit kepala, pusing, mual, atau berbagai gejala lainnya di cuaca panas.

Serangkaian penyakit medis yang dihasilkan oleh suhu tinggi dikenal sebagai penyakit cuaca panas. Masalah kesehatan ini muncul ketika tubuh menyesuaikan diri dengan suhu yang lebih hangat.

Risiko Penyakit Saat Cuaca Panas

Ada berbagai masalah penyakit yang terkait dengan cuaca panas. Ini termasuk panas, kram panas, kelelahan, hingga heat stroke

  1. Biang Keringat

penyakit saat cuaca panas

Biang keringat mengiritasi kulit dan menyebabkannya meradang. Suhu udara yang tinggi menyebabkan iritasi ini. Panas menyengat berkembang ketika keringat terperangkap di kulit. Merah kecil, lecet atau jerawat yang teriritasi adalah beberapa gejalanya. Rasa gatal terjadi pada beberapa orang. Saat suhu pada kulit mulai mendingin, biang keringat sering muncul kembali. Namun, beberapa penyakit serius memerlukan perhatian medis.

  1. Kram Panas

penyakit saat cuaca panas

Kram panas adalah penyakit cuaca panas berikutnya. Ini adalah kram atau kejang otot yang terjadi karena suhu panas. Otot mungkin tampak berkedut secara tak terduga karena gangguan ini. Betis, paha, dan bahu adalah area yang paling sering terkena. 

Penyebab pasti dari kram panas tidak diketahui saat ini. Para ahli percaya bahwa penyakit ini disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang terjadi pada suhu tinggi. Meski akan terasa sakit, kram biasanya akan hilang dengan sendirinya. Ingatlah untuk mengembalikan keseimbangan elektrolit tubuh Anda.

  1. Heat Exhaustion

heat exhaustion

Ketika tubuh mengalami dehidrasi dan tidak dapat mengatur suhu intinya, kelelahan akibat panas terjadi. Berkeringat adalah cara tubuh untuk menghilangkan kelebihan panas secara normal. Ketika Anda mengalami dehidrasi, kemampuan tubuh Anda untuk berkeringat berkurang karena kekurangan air dan elektrolit.

Baca lainnya :   7 Manfaat Kopi Yang Tidak Umum, Namun Baik Bagi Kesehatan! 

Kelelahan panas terjadi ketika seseorang tidak dapat mendinginkan diri dengan berkeringat. Denyut nadi cepat, kelelahan, kram, mual, sakit kepala, pusing, pucat, tekanan darah rendah atau pusing berdiri, wajah memerah, dan mengi adalah beberapa tanda kelelahan panas.

  1. Heat Stroke

heat stroke

Penyakit heat stroke yang paling serius adalah sengatan panas. Tubuh tidak dapat mengatur suhu dalam keadaan ini. Menurut laman P2PTM Kementerian Kesehatan, suhu tubuh meningkat pesat saat heatstroke, mencapai 41 derajat Celcius dalam waktu 10-15 menit. Tubuh akan berhenti berkeringat. Heat stroke juga diketahui memperburuk kondisi seseorang yang sudah sakit dan bisa mengakibatkan kematian.

Nah, itu dia informasi seputar Cuaca Panas! Waspada 4 Penyakit Yang Mengintai. Konsumsilah banyak air dalam jumlah yang disarankan yaitu kurang lebih 8 gelas (230ml air) atau setara dengan 2 liter. Jangan terlalu berlebihan juga, sebab bila terlalu banyak air dalam tubuh maka Anda akan mudah mengantuk hingga sakit kepala.