Perhatikan 5 Hal Yang Membatalkan Puasa Serta Pahala

Perhatikan 5 Hal Yang Membatalkan Puasa Serta Pahala

Tujuan puasa Ramadhan bukan hanya untuk menghilangkan rasa terkekang dan haus. Puasa juga meningkatkan umat Islam dengan mengajari mereka pengembangan pribadi, pengorbanan dan empati. Salah satunya adalah menahan diri dari kegiatan makruh. Tujuannya bukan untuk membuat ibadah kurang bermanfaat, dan puasa bukan hanya tentang bertahan dari rasa haus dan lapar.

5 Hal Pembatal Pahala Puasa

pahala puasa

Berikut ini 5 Hal Pembatal Pahala Puasa yang tanpa disadari sering dilakukan oleh orang, yaitu:

  1. Ghibah

Apakah Anda memiliki pasangan kos yang suka memfitnah? Ghibah adalah praktik mengkritik kata-kata, tindakan, atau keadaan pribadi seseorang di depan umum. Dalam kebanyakan kasus, isi cerita sesuai dengan skenario. Hal ini halal dan tidak ada dosa jika apa yang dikatakan indah dan tidak ada kejahatan. Ini akan menjadi ilegal jika orang yang dibicarakan mendengar dan menolak.

  1. Bohong

Pahala puasa akan berkurang jika berbohong saat berpuasa. Pada awalnya, Anda hanya akan menjadi iseng atau pembicara. Karena berbohong adalah kecanduan, ini adalah pertama kalinya Anda terus berbohong. Apakah Anda mendapat manfaat dari berbohong dalam beberapa keadaan, itu akan merugikan orang lain.

  1. Memecah Belah

Menempatkan dua orang yang saling bertentangan dan saling mengganggu dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan pahala orang yang berpuasa. Ini sering merupakan kelanjutan dari penipuan orang lain kita. Kedua belah pihak akan menanggung akibatnya. Harus diakhiri karena tidak adil.

  1. Sumpah Bohong

Janji palsu sering kali menguntungkan orang yang membuatnya dengan merugikan orang lain. Ini adalah kelanjutan dari tindakan berbohong. Lebih baik menampilkan sikap jujur, karena inilah yang diajarkan Islam. Karena kita harus berkomunikasi sesuai dengan apa yang kita transmisikan.

  1. Melihat Dengan Syahwat

Puasa atau tidaknya puasa ini ditentukan oleh keinginan lawan jenis atau tidak. Inti dari ibadah di bulan suci ini adalah menahan diri dari segala larangan Allah SWT. Akibatnya, kita harus mampu menahan godaan dalam bentuk apapun, termasuk nafsu, dengan kemampuan terbaik kita. Karena ketidakmampuan Anda mengatur emosi akan berakibat fatal bagi Anda.

Baca lainnya :   Perayaan White Day Jatuh Hari Ini, Berikut Arti Dan Asal Usulnya!

Nah, itu dia lima faktor yang bisa membuat Anda membatalkan pahala puasa. Jika Anda ingin menjadi umat yang baik, jadikan Ramadhan sebagai bulan untuk mengubah kebiasaan dan perilaku yang merugikan dan menghindari hal-hal makruh untuk mengurangi pahala dan mungkin membatalkan ibadah Anda.