Ed Sheeran Dituding Plagiarisme, Kini Menang Hak Cipta Shape of You

Ed Sheeran Dituding Plagiarisme, Kini Menang Hak Cipta Shape of You

Ternyata Ed Sheeran tidak mengkopi lagu Sami Chokri Oh Why dalam gugatan hak cipta atas lagu Shape of You. Hasilnya diputuskan oleh Pengadilan Tinggi Inggris pada Rabu (6/4), waktu setempat.

Menurut Variety, Hakim Antony Zacaroli memutuskan bahwa Ed Sheeran “sengaja atau tidak sengaja” menduplikasi karya Chokri. Juga, lagu Shape of You dan Oh Why memiliki ketukan yang sama. “Kesamaannya hanyalah titik awal untuk dugaan pelanggaran hak cipta,” jelas Zacaroli. Namun, setelah memeriksa kedua lagu tersebut, Zacaroli sampai pada kesimpulan bahwa bagian-bagian dari kedua lagu tersebut berbeda.

Kelanjutan Hak Cipta Lagu Ed Sheeran

ed sheeran

Ada bukti substansial bahwa lirik “Oh I” dalam Shape of You tidak berasal dari lagu Oh Why. Penggugat kemudian mengklaim bahwa Sheeran telah mendengarkan lagu Oh Why sebelum menciptakan Shape of You.”Bahkan, saya tahu dia belum pernah mendengarnya,” jawab Zacaroli dalam dakwaan

Komposer dan pemain Snow Patrol Johnny McDaid, serta produser Steven McCutcheon, kemudian diwakili oleh Ed Sheeran dalam pernyataan bersama. Usai persidangan, ia mengunggah pesan tersebut di media sosial.

Isu hak cipta, menurut penyanyi berusia 31 tahun itu, sudah merajalela bahkan sudah menjadi budaya. “Musik pop menggunakan terlalu banyak nada dan terlalu sedikit akord,” kata Ed Sheeran dalam pesan video yang diposting ke akun @edsheeran miliknya.

“Faktanya hampir setiap hari 60.000 lagu dirilis di platform Spotify. Sedangkan didunia hanya ada 12 nada, sehingga pertahun terdapat 22 juta lagu.,” lanjutnya lagi. Sheeran juga berharap insiden seperti ini dengan klaim yang tidak beralasan dapat dicegah di masa depan. Ia melanjutkan bahwa kedepannya semua orang dapat kembali menulis lagu, dan tidak harus menunjukkan bagaimana lagu tersebut dapat dibuat.

Baca lainnya :   5 Alasan Snowdrop Wajib Di Tonton, Visual Yang Memanjakan Mata

Nah, itu dia informasi seputar Kemenangan Ed Sheeran Atas Hak Cipta Lagu Shape Of You. Semoga kedepannya setiap penulis lagu dan penyanyi dapat terus berkarya dan menghargai karya satu sama lain.