7 Menu Buka Puasa Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Berbuka

7 Menu Buka Puasa Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Berbuka

Anda mungkin tergoda untuk mencoba menu buka puasa dengan berbagai makanan saat berbuka puasa. Semua makanan terasa sangat menarik setelah seharian haus dan lapar, dan rasanya seperti Anda sedang terburu-buru untuk makan.

Menurut ahli gizi klinis Putri Sakti, tidak semua makanan aman dikonsumsi saat berbuka. Saat berpuasa, beberapa makanan tercantum dalam daftar makanan yang harus dihindari. Di bulan Ramadhan, ada berbagai makanan dan minuman yang tidak baik dimasukan dalam menu buka puasa atau sahur.

7 Menu Buka Puasa Yang Harus Dihindari

menu buka puasa

  1. Teh susu

Saat berbuka puasa, teh panas atau dingin kerap menjadi andalan berbuka puasa. Teh susu, di sisi lain, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Minuman ini dapat mencegah kalsium diserap dari susu. Teh dengan susu juga dapat meningkatkan kadar gula darah.

  1. Gorengan

Saat memasuki bulan Ramadhan, menu buka puasa ini kerap masuk dalam daftar makanan di atas meja.  Disisilain, makanan yang digoreng sangat dilarang setelah puasa karena dapat menyebabkan efek kenyang yang tidak sehat.

  1. Minuman Berkarbonasi

Selama puasa dilarang mengkonsumsi minuman manis berkarbonasi, baik saat berbuka puasa maupun saat fajar.

  1. Makanan Pedas Atau Asam

Sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kedua jenis makanan ini selama bulan Ramadhan, meskipun tidak dilarang. Namun, jenis makanan ini dapat menjadi pemicu sakit perut karena kondisi perut yang kosong setelah seharian berpuasa. Menu buka puasa ini harus diperhatikan terutama bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung. 

  1. Minuman Yang Mengandung Kafein

Kafein ditemukan dalam teh dan juga kopi. Kedua minuman ini tidak boleh dikonsumsi saat berbuka puasa.

  1. Buah Dan Sayur 

Makanan seperti brokoli sebaiknya tidak dikonsumsi di pagi hari karena dapat memicu pembentukan gas di perut. Kondisi ini akan membuat perut terasa tidak nyaman seharian. 

  1. Makanan Asin Dan Pengawet

Tidak dianjurkan makan makanan yang mengandung pengawet saat berpuasa. Menu buka puasa seperti ini dapat membuat Anda merasa haus seharian dan menjadi lemas. 

Baca lainnya :   Simak! 6 Keuntungan Utama Cold Storage, Bikin Makanan Tahan Lama!

Nah, itu dia penjelasan mengenai 7 Menu Buka Puasa Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Berbuka. Perhatikan asupan yang Anda konsumsi agar ibadah puasa berjalan dengan lancar dan kesehatan pun terjaga dengan baik.