7 Makanan Tinggi Serat Yang Memperlancar Pencernaan

7 Makanan Tinggi Serat Yang Memperlancar Pencernaan

Setiap hari, semua manusia membutuhkan asupan serat yang tepat. Makanan tinggi serat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebanyak 28-34 gram per hari. Hasilnya, sistem pencernaan menjadi lebih efisien dan berat badan tetap terjaga optimal. Untuk mencapai kebutuhan tersebut, Anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya serat.

7 Makanan Tinggi Serat Yang Baik Di Konsumsi

  1. Pisang

makanan tinggi serat pisang

Setidaknya ada 2,6 gram serat dalam 100 gram pisang. Makanan tinggi serat ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis. Pisang bisa dimakan dengan oatmeal atau yogurt untuk variasi. Sementara itu, hindari menggoreng hidangan berserat tinggi ini karena nilai gizinya akan turun dan kandungan kolesterolnya akan meningkat.

  1. Kacang Hijau

bubur kacang hijau

Kacang hijau adalah item serat tinggi berikutnya. Berat total produk adalah 16 gram. Berat total produk adalah 16 gram. Kacang hijau biasanya dipadukan dengan santan dan ketan hitam untuk dijadikan bubur yang enak. Kacang hijau kaya akan protein nabati dan sehat untuk kesehatan Anda, serta tinggi serat dan lezat.

  1. Pepaya

makanan tinggi serat buah pepaya

Saat orang sembelit, buah pepaya sudah menjadi andalan masyarakat sejak zaman dahulu. Laporan tersebut menyatakan bahwa setiap 100 gram pepaya mengandung 1,7 gram serat. Orang dewasa dapat mengkonsumsi makanan yang kaya serat sederhana atau dalam rujak. Sementara itu, pepaya yang dihaluskan atau dilunakkan sangat baik untuk bayi dan balita.

  1. Almond

almond

Ada 11 gram serat dalam 100 gram kacang almond. Rasa kacang berukuran sedang ini gurih dan teksturnya renyah. Makanan berserat tinggi ini sering digunakan sebagai hiasan untuk makanan penutup. Ada juga yang mengubahnya menjadi susu. Namun, memanggang almond saja juga sangat nikmat.

  1. Ubi Jalar 

makanan tinggi serat ubi jalar

Umbi-umbian ini mengandung 5 gram serat yang bermanfaat untuk sistem pencernaan. Makanan tinggi serat ini juga dapat digunakan untuk menggantikan nasi dan kentang sebagai sumber karbohidrat. Ubi jalar dapat disiapkan dengan berbagai cara. Mengukusnya, memanggangnya dengan kulitnya, dan membuat kolak hanyalah beberapa pilihan.

  1. Brokoli

makanan tinggi serat brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang terdapat pada makanan tinggi serat. Diklaim bahwa 5,1 gram serat hadir dalam sayuran hijau ini. Brokoli kaya akan serat, vitamin C dan A, serta antioksidan polifenol. Merebus dan menggoreng adalah metode paling umum untuk mengolah makanan berserat tinggi ini. Ingatlah untuk merendam dan membilas brokoli dalam air asin terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran atau ulat yang mungkin tertinggal di bagasi.

  1. Wortel

wortel

Wortel dan sayuran kaya vitamin A adalah hal yang sama. Jenis sayur ini kaya akan serat, yang merupakan kabar baik. Makanan tinggi serat ini mempertahankan nilai gizinya baik dimakan mentah atau dimasak sebentar. Cukup pastikan wortel telah dicuci dengan baik untuk memastikan tidak ada sisa kotoran atau bakteri yang dikonsumsi. Anda bisa mencucinya di wastafel dengan air keran. Kemudian, agar lebih higienis, rendam kembali dalam wadah berisi air mineral.

Baca lainnya :   10 Minuman Penghilang Stress Dan Bikin Tubuh Sehat

Nah, itu dia penjelasan mengenai 7 Makanan Tinggi Serat Yang Memperlancar Pencernaan. Bila Anda memiliki kesehatan pencernaan yang kurang baik, makanan diatas dapat membantu memperlancar dan memberikan gizi pada pencernaan. Pola hidup yang sehat serta menghindari makanan pedas serta berminyak pun harus diterapkan untuk hasil yang maksimal.