4 Mainan Anak Untuk Melatih Motorik Usia 0-12 Bulan

4 Mainan Anak Untuk Melatih Motorik Usia 0-12 Bulan

Mainan anak untuk melatih motorik dan kognitif merupakan strategi untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Lantas, jenis mainan apa yang cocok untuk bayi antara usia 0 hingga 12 bulan?

Umumnya, bayi mulai belajar dan bereksperimen dengan bagian tubuh mereka antara usia lahir dan satu tahun. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan mainan yang membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Mainan Anak Untuk Melatih Motorik 

Berikut ini daftar mainan bayi yang aman dan menyenangkan untuk bayi usia 0-12 bulan. 

  1. Usia 0-3 Bulan

mainan bayi new born

Berikan mainan berbentuk karpet dengan mainan gantung kepada bayi usia 0-3 bulan yang baru belajar menggenggam dan membuka tangan secara teratur. Dengan cara ini anak-anak dapat melatih keterampilan motorik halus mereka sambil berbaring. Gunakan permadani dengan mainan berwarna cerah dan gantungan yang ramah anak.

Pilihan lainnya adalah membeli barang multiguna, seperti yang ditunjukkan di bawah ini, untuk membantu anak Anda mengembangkan keterampilan motorik halus, penglihatan, dan konsentrasi. Selain itu, seiring bertambahnya usia bayi, mainan ini dapat membantu mereka belajar berdiri dan berbaring.

  1. Usia 4-6 Bulan

mainan anak 4-6 bulan

Cincin stackable yang berwarna-warni dan memiliki bentuk yang berbeda-beda cocok untuk bayi berusia sekitar 4-6 bulan. Anak-anak dapat menggunakan cincin yang dapat ditumpuk ini untuk mempelajari bentuk, mengidentifikasi benda besar dari benda kecil, mengenali warna, dan memegang benda.

Baca lainnya :   15 Makanan Pelancar Asi Yang Baik Dikonsumsi Busui

Mainan anak yang dapat ditumpuk tidak hanya membantu anak muda mengembangkan keterampilan motorik halus, tetapi juga mengajari mereka cara mengumpulkan dan menempatkan benda dengan benar.

  1. Umur 7-9 Bulan

mainan anak 7-9 bulan

Anda bisa memberi bayi Anda mainan yang mengeluarkan suara saat ia berusia 7 bulan. Barang ini kemungkinan akan membuat bayi Anda senang dan bersemangat untuk memainkannya.

Untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak, Anda bisa memberinya mainan tablet. Saat ditekan, mainan ini akan mengeluarkan suara. Selain itu, tablet mainan ini memiliki suara binatang, memungkinkan anak Anda untuk belajar mengenali spesies yang berbeda.

  1. Usia 9-12 Bulan

mainak anak 12 bulan

Saat bayi Anda berusia 9-12 bulan, ia akan mulai berjalan. Akibatnya, Anda dapat menggunakan mainan untuk membantu bayi Anda mengembangkan keterampilan motorik kasar. Anda dapat menghadiahkan kendaraan dorong seperti ini, misalnya. Mainan ini dapat digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan. Selain itu, mainan ini memiliki kompartemen penyimpanan di belakang jok.

Itulah 4 Mainan Anak Untuk Melatih Motorik Usia 0-12 Bulan yang dapat Anda berikan kepada anak Anda. Pastikan untuk memilih mainan yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak.