7 Protein Pengganti Tempe dan Tahu yang Dapat Anda Konsumsi

7 Protein Pengganti Tempe dan Tahu yang Dapat Anda Konsumsi

Protein yang berasal dari tempe dan tahu memang menjadi makanan kesukaan masyarakat Indonesia. Orang-orang belakangan ini mengkhawatirkan kelangkaan tempe dan tahu. Pasalnya, makanan khas ini selalu menarik minat banyak orang. Selain rasanya yang enak, harganya juga sangat terjangkau dibandingkan dengan hidangan lainnya.

Dampak kenaikan harga kedelai mengakibatkan kelangkaan tahu dan tempe. Karena tahu dan tempe terbuat dari kacang kedelai yang merupakan sumber makanan berprotein tinggi. Orang-orang mulai mencari alternatif nabati lainnya ketika harga kedelai meroket, terutama para vegan yang hanya mengonsumsi makanan nabati.

7 Protein Pengganti Tempe Dan Tahu

  1. Telur

telur sebagai protein

Telur dikemas dengan vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan pelindung mata, dan nutrisi penting untuk otak. Meskipun telur tinggi protein, putih telur hampir tidak mengandung protein. Telur memiliki kandungan kalori sebesar 33%. Satu butir telur berukuran besar mengandung 6 gram zat putih telur dan 78 kalori.

  1. Brokoli

brokoli pengganti protein

Brokoli adalah sayuran bergizi yang kaya akan vitamin C dan K, serta serat dan potasium. Makanan ini juga mengandung unsur bioaktif yang dapat membantu dalam pencegahan kanker.

Brokoli memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan sayuran lainnya dengan kandungan kalori sebesar 33%. Satu cangkir brokoli cincang, atau 96 gram, mengandung 3 gram zat putih telur dan hanya 31 kalori.

  1. Jagung

protein jagung

Jagung adalah sumber nabati pengganti tahu dan tempe lainnya. Sepotong besar jagung mengandung 4,68 gram protein total. Disamping itu, makanan ini juga kaya akan karbohidrat dan serat.

  1. Alpukat

protein dari alpukat

Alpukat buah hijau tua sudah cukup lama dikenal dengan buah yang sehat dan telah ada sejak lama, semakin populer di bidang kesehatan dan kebugaran karena sangat bergizi dan dikemas dengan berbagai nutrisi penting. Rata-rata alpukat mengandung 4,02 gram protein total.

  1. Susu

susu

Susu kaya akan kalsium, fosfor dan riboflavin dan merupakan sumber zat putih telur berkualitas tinggi (vitamin B2) yang baik. Jika Anda khawatir dengan asupan lemak Anda, susu rendah lemak atau bebas lemak mungkin bisa menjadi alternatif. Susu memiliki kandungan kalori sebesar 21%. Susu murni mengandung 8 gram protein dan 149 kalori per cangkir, sedangkan untuk susu kedelai mengandung 6,3 gram protein dan 105 kalori per cangkir.

  1. Tuna

tuna

Tuna adalah makanan yang tinggi akan nutrisi yang baik. Makanan ini juga rendah lemak dan kalori. Seperti ikan pada umumnya, jenis ikan tuna kaya akan lemak omega-3 dan menyediakan berbagai nutrisi. Tuna dalam air memiliki 84% kalori dari tuna kalengan. 

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau hampir menyerupai kedelai yang memiliki kandungan protein tinggi. Jenis kacang ini dapat Anda masak dalam berbagai jenis hidangan. Misalnya, hidangan penutup seperti es kacang hijau, bubur kacang hijau, dan berbagai masakan lainnya yang dapat Anda kreasikan. 

Baca lainnya :   Ingin Organ Hati Sehat? 7 Makanan Ini Harus Dihindari!

Nah, itu dia 7 Protein Pengganti Tempe dan Tahu yang Dapat Anda Konsumsi. Makanan sehat diatas dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan hidangan yang lezat. Anda dapat mengkreasikan menu masakan dengan berbagai macam kombinasi bahan. Selamat mencoba!