Mengenal Cradle Cap Serta Gejala Dan Penyebabnya

Mengenal Cradle Cap Serta Gejala Dan Penyebabnya

Cradle cap adalah suatu kondisi di mana kulit kepala bayi mengembangkan bercak bersisik yang berkerak atau berminyak. Ini bukan kondisi yang menyakitkan atau gatal. Namun, dapat menyebabkan sisik putih atau kuning tebal yang sulit dihilangkan.

Kondisi ini biasanya hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu atau bulan. Mencuci kulit kepala bayi Anda setiap hari dengan sampo ringan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan di rumah dengan baik. Hal ini akan membantu Anda melonggarkan dan menghilangkan sisik. Namun, Anda tidak boleh mengelupas atau menggores kulit bayi tersebut. Dokter khusus mungkin akan merekomendasikan shampo, obat, lotion, atau perawatan lain jika cradle cap tetap ada atau justru semakin bertambah parah.

Gejala Cradle Cap

Berikut ini adalah beberapa gejala cradle cap yang lebih umum:

  • Scaling dari kulit kepala di patch tebal atau kerak
  • Kulit berminyak atau kering ditutupi dengan sisik putih atau kuning.
  • Serpihan kulit
  • Sedikit kemerahan mungkin terjadi.

Sisik yang mirip dengan ini dapat ditemukan di telinga, kelopak mata, hidung, dan selangkangan. Hal ini sudah menjadi yang cukup umum terjadi pada bayi dan terkadang tidak menimbulkan rasa gatal.

Dermatitis seboroik sering disebut sebagai salah satu kondisii kulit ini. Fakta bahwa dermatitis atopik sering menimbulkan rasa gatal yang parah merupakan perbedaan mencolok antara kedua penyakit ini.

Baca lainnya :   5 Makanan Untuk Menyuburkan Kandungan Serta Lezat! 

penyebab cradle cap

Kapan Bayi Harus Ke Dokter?

Temui dokter anak atau bayi Anda jika Anda melihat salah satu dari gejala berikut:

  • Tidak ada perubahan yang membaik setelah melakukan perawatan di rumah
  • Kondisi kulit semakin menyebar ke bagian tubuh atau hingga seluruh tubuh

Penyebab Cradle Cap

Sampai saat ini, cradle cap memiliki penyebab yang masih belum diketahui. Hormon yang mengalir dari ibu ke bayi sebelum melahirkan bisa menjadi salah satu penyebabnya. Hormon-hormon ini dapat meningkatkan produksi minyak (sebum) yang berlebihan di kelenjar sebaceous dan folikel rambut. Faktor lainnya adalah malassezia (mal-uh-SEE-zhuh), ataupun jamur yang tumbuh di sebum dengan bakteri. 

Demikian penjelasan mengenai Cradle Cap Serta Gejala Dan Penyebabnya. Kondisi ini muncul antara dua dan enam minggu pertama kehidupan bayi dan mulai mengelupas antara usia tiga dan enam bulan, bahkan dapat mempengaruhi beberapa anak selama tiga tahun pertama kehidupan mereka. Jika kondisi bayi Anda semakin memburuk, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi anak Anda.