Simak! 5 Bahan Penghilang Karat Untuk Perabotan Rumah 

Simak! 5 Bahan Penghilang Karat Untuk Perabotan Rumah 

Bahan penghilang karat memang menjadi banyak incaran, terutama bagi mereka pengguna perlengkapan berbahan besi. Perabotan dan barang-barang lainnya yang terbuat dari besi dan baja rentan terhadap karat, terutama jika sering digunakan, terkena udara atau terendam air.

Jika demikian, satu-satunya pilihan untuk menghindari membahayakan kesehatan dan keselamatan anggota keluarga di rumah adalah dengan menghapusnya. Alasannya adalah jika besi berkarat atau baja tahan karat tertelan, mereka menjadi rapuh dan beracun.

Lantas, apa saja pilihan untuk menghilangkan karat dari besi dan baja tahan karat? Berikut ini beberapa bahan yang dapat Anda gunakan.

5 Bahan Penghilang Karat Yang Ampuh

  1. Penggunaan Bubuk Asam Sitrat

asam sitrat

Bubuk asam sitrat, yang dapat dibeli di toko roti, merupakan bahan penghilang karat yang efektif dari besi dan baja tahan karat. Untuk menggunakannya, campurkan bubuk asam sitrat dan air panas dalam baskom, lalu semprotkan atau rendam furnitur yang berkarat.

Tunggu 30 menit hingga 1 jam agar karatnya melunak, lalu bersihkan permukaan benda yang berkarat dengan sikat atau spons untuk menghilangkan sisa karat. Furnitur atau barang berkarat Anda akan terlihat seperti baru.

  1. Menggunakan Lemon Dan Garam

penghilang karat dengan lemon

Selain bubuk asam sitrat, campuran lemon dan garam dapat digunakan sebagai penghilang karat pada besi dan stainless steel. Teknik ini menggabungkan lemon dengan abrasivitas garam untuk menghilangkan noda karat ringan.

Caranya, campurkan garam dengan air jeruk lemon hingga menjadi lem. Oleskan lem pada bagian barang atau furnitur yang berkarat dan biarkan selama sekitar dua jam. Bersihkan lapisan luar barang atau furnitur menggunakan kuas atau lap. Kemudian, bilas dengan air bersih dan keringkan sepenuhnya dengan kain lap.

  1. Menggunakan Cuka Masak

cuka masak

Penghilang karat pada besi dan baja yang mengeras dapat menggunakan cuka masak yang dapat Anda temukan tanpa banyak usaha. Cukup oleskan cuka masak pada benda atau furniture yang berkarat dan diamkan selama sekitar 24 jam.

Sama seperti strategi sebelumnya untuk menghilangkan karat, setelah didiamkan, gosok lapisan luar benda atau furniture yang berkarat menggunakan sikat atau kain untuk menghilangkan sisa karat. Kemudian, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan tisu.

  1. Penggunaan Baking Soda

baking soda

Meskipun biasanya digunakan sebagai pengembang kue, bahan ini juga sangat ideal digunakan untuk menghilangkan karat. Hal ini disebabkan karena baking soda untuk memasak memiliki sifat abrasif yang dapat menghilangkan warna karat pada benda dan furniture.

Baca lainnya :   Jurusan Teknik Elektro Jarang Dipilih, Ternyata Peluang Kerjanya Bagus! 

Caranya, campurkan baking soda yang sudah dipanggang dengan air hingga menjadi lem yang kental dan oleskan secara menyeluruh pada barang atau furniture yang berkarat. Diamkan sekitar 60 menit. Gunakan sikat kawat atau kain untuk membersihkannya dan menghilangkan noda karat. Bilas dengan air dan keringkan sepenuhnya.

  1. Membuat Penghilang Karat Dengan Kentang

penghilang karat dengan kentang

Kentang dapat membantu menghilangkan warna karat pada besi atau baja tempered atau furniture. Bukan tanpa alasan, kentang mengandung oksalat korosif yang dapat membantu melarutkan noda karat.

Caranya, potong kentang menjadi dua bagian, lalu tutup bagian yang dipotong dengan sabun cuci piring dan taburi dengan garam atau kertas roti. Kemudian, gosokkan kentang pada bagian benda atau perabot yang berkarat.

Garam atau baking soda bekerja seperti parutan lembut untuk membantu oksalat korosif dalam kentang mengikis noda karat pada item. Setelah itu jangan lupa untuk membilas dan mengeringkan benda. 

Itu dia 5 Bahan Penghilang Karat Untuk Perabotan Rumah. Meski begitu, lebih baik mencegahnya daripada harus berusaha sekuat tenaga untuk menghilangkan karat. Jika Anda ingin menjaga bahan-bahan besi atau barang dan furniture Anda yang bersih bebas dari karat, maka Anda harus mengetahui bahwa air merupakan faktor utama timbulnya warna karat.

Jadi kuncinya adalah Anda harusmenjaga barang atau furniture berbahan besi dan baja untuk tetap kering dan bersih serta menyimpannya di tempat yang kering dengan kekentalan rendah.