Simak Hal Berikut Sebelum Menggunakan Reefer Container

Pengiriman menggunakan kontainer tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih lagi untuk barang yang mudah rusak dan memerlukan penanganan khusus. Barang-barang seperti ini biasanya akan dimuat dengan reefer container yang memiliki ketentuan-ketentuan khusus dalam pengirimannya.

Pengiriman Reefer Container

Reefer container merupakan singkatan dari refrigerated container, yaitu kontainer yang didesain untuk mempertahankan suhu dari barang yang dikirimkan. Biasanya kontainer ini dikhususkan untuk mengirim barang yang mudah rusak akibat suhu. Jika anda hendak mengirim barang yang mudah rusak dengan pengiriman reefer container, kenali cara kerjanya.

Ketahui Fungsi Tepat Reefer Container

Sebutan reefer sebenarnya dapat menyesatkan, karena reefer container sebenarnya tidak dapat mengurangi suhu barang yang disimpan. Melainkan hanya mempertahankan suhunya saja, sehingga sebelum dimasukkan ke dalam kontainer, kargo harus didinginkan terlebih dahulu.

Lakukan Pemeriksaan Sebelum Pengiriman

Sebelum melakukan pengiriman, reefer container harus melalui tahap pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa unit pendingin telah berfungsi dengan benar, serta apakah ada tanda-tanda kerusakan sebelum dimuat.

Ketika memasukkan kargo ke dalam kontainer, posisi kargo harus sesuai dengan yang telah ditentukan. Hal ini karena dalam reefer container, sistem sirkulasi udara cukup kompleks dan harus terus mengalir di sekitar kargo. Selain itu, mesin pendingin harPada pengiriman jenis buah tertentu untuk menghindari patogen potensial, diperlukan pendinginan ekstra. Suhu yang digunakan biasanya akan lebih rendah dan dipantau dengan memasukkan probe ster ke dalam buah. Pengiriman ini juga dikenal dengan pengiriman steri.

Baca lainnya :   Perubahan Iklim: Jangan mengesampingkan masalah plastik, negara-negara mendesak

simak hal berikut sebelum menggunakan reefer container

Lakukan Penyegelan Sebelum Pengiriman

Ketika telah selesai melakukan inspeksi sebelum pengiriman, reefer container perlu disegel. Terdapat suatu segel yang mencatat nomor seri pengiriman yang ditempel di badan kontainer. Nomor ini juga tercatat di dokumen pengiriman untuk diperiksa lagi ketika kargo melakukan transit hingga sampai ke tujuan.

Reefer container berisi sensor suhu yang akan mencatat fluktuasi terhadap suhu di dalamnya, sekaligus menunjukkan apabila terjadi malfungsi. Sehingga sebelum menggunakannya, anda harus memastikan reefer container yang anda gunakan telah menjalani pengujian yang ketat. Selain itu tidak ada salahnya untuk menyiapkan unit cadangan jika sewaktu-waktu terjadi masalah yang tidak terduga.