7 Cara Merawat Tanaman Hias Dalam Ruangan

7 Cara Merawat Tanaman Hias Dalam Ruangan

Cara merawat tanaman di dalam ruangan tidak hanya membuatnya menjadi tumbuh subur, namun juga meningkatkan estetika ruang. Misalnya, tanaman hijau sering digunakan sebagai anti polusi di dalam ruangan.

Pertumbuhan tanaman ini juga harus diperhatikan agar kualitas udara di dalam ruangan tetap terjaga. Jangan sampai niat menempatkan tanaman di dalam ruangan untuk meningkatkan kualitas udara dan membuatnya lebih sehat menjadi salah paham.

7 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur

  1. Kondisi Suhu Ruangan

Jenis tanaman yang cocok untuk penggunaan di dalam ruangan memiliki toleransi suhu yang relatif tinggi. Namun, untuk memastikan tanaman tetap tumbuh sehat, jaga suhu ruangan antara 22 hingga 24 derajat Celcius pada malam hari dan 24 derajat Celcius pada siang hari.

Ketika suhu lingkungan naik di atas 24 Ā° C pada siang hari, seperti yang sering terjadi selama musim kemarau yang panjang, membuka jendela memungkinkan udara segar untuk mendinginkan tanaman.

  1. Kandungan Air

Cara merawat tanaman berikutnya yaitu tidak boleh terlalu banyak disiram jika tanaman berada didalam ruangan. Tanaman mati dengan cepat ketika tanah terlalu basah sehingga akarnya membusuk. Untuk memeriksa kelembaban, cukup rasakan tanah di dalam pot. Air yang diairi juga harus mengalir ke bawah, karena akar tanaman akan tumbuh ke atas jika kelembaban hanya diterapkan ke permukaan tanah, mengurangi keindahan tanaman.

  1. KelembabanĀ 

Ini adalah aspek penting untuk diingat ketika tinggal di ruangan ber-AC. Menggunakan AC dapat menurunkan kelembaban udara. Salah satu tandanya adalah munculnya daun yang layu atau kecoklatan. Akibatnya, simpan wadah kecil berisi air di dekat tanaman atau, misalnya, batu yang dibasahi. Kelembaban akan tercipta di sekitar tanaman saat air menguap.

cara merawat tanaman

  1. Intensitas Cahaya

Anda sudah tahu bahwa tanaman tumbuh ke arah matahari. Akibatnya, memutar tanaman secara teratur dapat membantu pertumbuhan bentuk tanaman. Cara merawat tanaman juga harus diperhatikan dari letak tanaman pada sinar matahari. Meskipun sinar matahari bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman, paparan langsung seperti meletakkannya di sisi kaca jendela yang terkena sinar matahari langsung harus dihindari. Keindahan daun bisa rusak oleh paparan sinar matahari langsung yang berlebihan.

  1. Pemupukan

Selama dua minggu, lakukan pemupukan sederhana. Untuk pertumbuhan batang dan daun, gunakan pupuk nitrogen berimbang. Sementara itu, fosfor dibutuhkan agar akar dapat berkembang dengan kuat. Perhatikan kandungan kalium yang tinggi dalam pupuk jika ingin tanaman kuat dan kokoh.

  1. Pot

Pertumbuhan tanaman indoor dipengaruhi oleh wadah tempat mereka ditempatkan, serta daya tarik pot tempat mereka ditempatkan. Cara merawat tanaman berikutnya yaitu Anda harus tahu bahwa tanaman tidak dapat tumbuh tanpa batas dalam pot yang sama, pot perlu diganti secara teratur. Karena kebutuhan akan ruang akar yang lebih banyak, pot baru harus lebih besar dari yang sebelumnya. Pot tidak hanya perlu menarik, tetapi juga perlu memiliki lubang drainase di bagian bawah. Pot plastik dan tanah liat juga berguna untuk menjaga kelembaban tanah dalam waktu yang lebih lama.

  1. Pemangkasan

Pemangkasan merupakan cara merawat tanaman yang bermanfaat tidak hanya untuk keindahan tanaman, tetapi juga untuk kesehatannya. Cara ini juga bermanfaat bagi kesehatan tanaman, karena memungkinkan Anda membuang bagian tanaman yang tidak sehat tanpa merusak bagian tanaman lainnya. Jika tanaman hias Anda sakit, gunakan insektisida yang tidak memiliki efek buruk pada tanaman, seperti neem oil cake.

Baca lainnya :   Simak! 6 Keuntungan Utama Cold Storage, Bikin Makanan Tahan Lama!

Demikianlah 7 Cara Merawat Tanaman Hias Dalam Ruangan. Apakah Anda pecinta tanaman hias dan senang meletakkannya di dalam ruangan? Maka Anda harus mempelajari teknik di atas untuk merawat tanaman Anda. Tanaman yang terjaga kesehatannya akan mempercantik ruangan dan meningkatkan kepuasan orang yang melihatnya.