7 Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan, Ampuh Lawan Covid?

7 Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan, Ampuh Lawan Covid?

Wortel adalah salah satu sayuran paling populer di dunia. Pasalnya, selain rasanya enak, manfaat jus wortel bagi kesehatan cukuplah banyak, mulai dari menjaga kesehatan mata hingga mengurangi risiko kanker.

Sayuran ini adalah bagian dari keluarga umbi-umbian. Wortel umumnya diasosiasikan dengan warna oranye di Indonesia, meskipun bisa juga berwarna kuning, ungu, putih, atau hitam.

Anda bisa memakan wortel secara mentah, direbus, dikukus, dipanggang, dijus, atau dipadukan dengan bahan lain untuk dijadikan makanan ringan seperti puding. Jus wortel juga merupakan pewarna alami yang dapat digunakan untuk membuat pasta dan roti yang lebih sehat.

7 Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat Wortel

Wortel memberikan berbagai manfaat kesehatan karena kandungan nutrisinya yang tinggi, antara lain:

  1. Menjaga Mata

Wortel memiliki salah satu manfaat kesehatan yang paling terkenal. Wortel kaya akan vitamin A, lutein dan zeaxanthin, yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan mata. Wortel juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Anda dapat mengurangi risiko rabun senja (rabun senja), katarak, dan degenerasi makula dengan rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan antioksidan, seperti wortel.

  1. Pengurangan Risiko Kanker

Wortel juga dapat membantu Anda terhindar dari kanker prostat, usus besar, dan payudara jika Anda mengkonsumsinya secara teratur.

Manfaat jus wortel terkandung dalam antioksidan termasuk karoten, asam fenolik, vitamin A, vitamin C, dan anthocyanin, yang baik bagi kesehatan. Kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk melawan efek radikal bebas berlebih dalam tubuh, menghambat dan mencegah produksi sel kanker.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Wortel adalah salah satu sayuran yang dapat membantu penderita diabetes dan orang sehat menjaga kadar gula darahnya. Pasien diabetes dengan gula darah yang terkontrol dengan baik cenderung tidak mengalami komplikasi seperti penyakit ginjal dan kerusakan saraf.

Manfaat jus wortel bagi penderita diabetes yaitu membantu mengurangi resistensi insulin dan kadar gula darah tinggi, yang dapat menyebabkan diabetes pada orang sehat. Ini karena kandungan serat dan antioksidan wortel yang tinggi, serta indeks glikemiknya yang rendah.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Koroner

Karena wortel tinggi potasium, antioksidan, dan serat, wortel dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca lainnya :   Ramalan Zodiak Minggu ini, 17-23 Januari 2022 Tentang Keuangan

Wortel mengandung potasium, yang membantu menjaga tekanan darah normal, serta serat dan antioksidan, yang membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL), yang dapat menyumbat arteri darah jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Wortel mengandung serat dan air, yang membantu pencernaan dan membuat tinja lebih kental dan lembut, sehingga berguna untuk menghindari dan mengobati sembelit. Sayuran ini juga memiliki efek probiotik yang baik, yang membantu menjaga keseimbangan bakteri sehat di usus.

  1. Mencegah Obesitas

Apakah Anda mencoba untuk menurunkan berat badan dan diet? Dalam hal ini, coba tingkatkan asupan wortel Anda. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa wortel rendah kalori tetapi tinggi nutrisi termasuk protein, serat, air, vitamin dan mineral. Kandungan serat pada wortel dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Nafsu makan Anda akan lebih mudah dikendalikan dan Anda akan lebih mudah mengubah pola makan agar terhindar dari obesitas.

  1. Penambah Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C, folat, dan antioksidan pada wortel dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap kuman dan virus penyebab penyakit, seperti virus Corona.

Namun, selain mengkonsumsi wortel, Anda juga perlu menjaga daya tahan tubuh dengan tidur yang cukup, menghindari stres dan berolahraga secara teratur.

Itu dia penjelasan mengenai 7 Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan, Ampuh Lawan Covid?. Mengingat banyaknya manfaat jus wortel bagi kesehatan, biasakan untuk memasukkannya ke dalam menu harian Anda. Pilihlah wortel segar, keras, dan kering ketika Anda membelinya. Bersihkan dan kupas kulit wortel dengan baik sebelum dimakan dan masak sampai matang.