15 Makanan Pelancar Asi Yang Baik Dikonsumsi Busui

15 Makanan Pelancar Asi Yang Baik Dikonsumsi Busui

Makanan pelancar asi merupakan salah satu teknik peningkatan produksi air susu ibu (ASI) secara alami yang dapat dipelajari. Asupan laktogenesis adalah jenis makanan atau minuman yang berperan sebagai pelontar alami ASI. Berikut beberapa makanan pelancar ASI alami yang aman dikonsumsi oleh Busui. 

15 Makanan Pelancar Asi 

  1. Wortel

Konsentrasi fitoestrogen dalam wortel menjadikan sayuran kaya serat ini sebagai penambah ASI yang potensial. Bantu ibu menyusui memasukkan sayuran ini ke dalam makanan sehari-hari mereka.

  1. Sayuran Dengan Daun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, selada, brokoli dan sayuran berdaun hijau lainnya, selain wortel juga mengandung fitoestrogen yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

  1. Semangkuk Oatmeal

Oatmeal atau bubur gandum dapat membantu produksi ASI dengan meningkatkan kadar oksitosin. Oatmeal dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui dalam bentuk bubur, snack, kue atau roti.

  1. Jintan

Jintan adalah bumbu yang membantu dalam produksi ASI. Air jintanyang dicampur dengan bumbu lainnya bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui.

  1. Makanan Pelancar Asi Pare

Sayuran pare, selain memiliki rasa yang pahit dan pahit, juga dapat membantu ibu menyusui memproduksi ASI lebih banyak.

  1. Salmon

Salmon kaya akan protein, vitamin D, B12, dan asam lemak omega-3, yang semuanya bermanfaat untuk bayi dan ibu menyusui. Ikan laut dalam ini telah ditemukan memiliki kemampuan sebagai makanan pelancar asi.

Baca lainnya :   Resep Bolu Kukus Mekar, Mudah Dibuat Di Rumah & Anti Gagal! 

makanan pelancar asi

  1. Daun Kelor

Daun kelor mengandung kalsium dan zat besi yang dapat membantu ibu menyusui memproduksi ASI lebih banyak. Selain itu, sayuran ini dapat membantu pemulihan wanita yang telah menjalani operasi melahirkan.

  1. Tahu

Tahu mengandung fitoestrogen, yang dapat membantu merangsang produksi ASI. Tahu bisa dimakan sebagai lauk atau sebagai camilan biasa oleh ibu menyusui.

  1. Biji Wijen

Biji wijen kaya akan protein, kalsium, serat, dan bahan kimia quercetin dan wijen, yang dapat dijadikan makanan pelancar asi. Ibu menyusui dapat menelan biji wijen yang ditaburkan dalam makanan sehari-hari mereka atau satu sendok teh biji wijen yang direbus dengan air hangat.

  1. Almond

Almond tidak hanya sehat, tetapi juga dapat digunakan sebagai ASI karena adanya bahan kimia yang merangsang produksi ASI. Susu almond, camilan almond, dan piring dengan topping almond adalah pilihan untuk ibu menyusui.

  1. Jahe

Jahe dapat meningkatkan produksi ASI selain menghangatkan tubuh. Ibu menyusui bisa minum teh jahe atau memasak dengan rimpang jahe.