5 Jenis Kontainer Pengiriman, Ada Yang Tak Pakai Atap!

5 Jenis Kontainer Pengiriman, Ada Yang Tak Pakai Atap!

Peti Kemas atau dikenal dalam bahasa Indonesia adalah kontainer yang memuat barang-barang yang hendak dikirim agar tidak rusak. Peti kemas ini sering ditemukan di pelabuhan tempat kami mengirim atau menerima produk. Kendaraan pengangkut peti kemas ini sudah tidak asing lagi terlihat di jalan raya. Peti kemas ini dapat digunakan berulang kali dan juga dapat digunakan untuk menampung barang dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Kegunaan dan arti penting kontainer ini juga memiliki arti penting filosofis. “Kotak besar” persegi panjang ini dirancang untuk membawa atau membungkus barang dalam jumlah besar. Tidak hanya itu, peti kemas dapat diangkut dengan kendaraan besar sebagai satu kesatuan. Kereta, kapal, dan pesawat semuanya dapat membawa kontainer. Keamanan bagasi di dalam peti kemas juga terjamin.

Ukuran Peti Kemas 

  • 20 Feet 

Beban maksimum yang dapat diangkut oleh peti kemas sepanjang ini kira-kira 33 CBM, atau 20 ton.

  • 40 Feet

Kontainer 40ft termasuk dalam kategori peti kemas ukuran sedang. Ukuran ini memiliki daya dukung kurang lebih 60 CBM atau sekitar 27 ton.

  • 45 Feet

Ukuran ini merupakan peti kemas terbesar. Total kargo yang bisa dipindahkan sekitar 86 CBM atau 30 ton.

Baca lainnya :   Intip Cara Kerja Cold Storage Dan Tujuan Penggunaan Untuk Bisnis! 

5 Jenis Kontainer Di Pasaran

  • Kontainer Standard 

kontainer standard

Ini adalah jenis peti kemas yang paling sering kita lihat di jalur lalu lintas. Karena biasanya digunakan untuk mengangkut berbagai jenis kargo umum, peti kemas ini juga dikenal sebagai “peti kemas tipikal”.

  • Open Top Kontainer

5 Jenis Kontainer Pengiriman, Ada Yang Tak Pakai Atap!

Peti kemas dengan atap terbuka ini merupakan salah satu alat transportasi muatan yang tak biasa. kontaine r ini sebaliknya hanya dapat mengangkut muatan kering yang memenuhi kriteria muatan tinggi, muatan berat, dan cara pemuatan yang tidak dapat dilakukan secara reguler atau dimuat dari atas. Jenis ini dapat menggunakan penutup pada bagian atas dengan terpal ataupun penutup peti kemas dengan bantuan forklift.

  • Peti Kemas Flat Rack 

kontainer flat rack

Satu sisi dari peti kemas jenis ini dapat dilipat. Namun, terdapat juga yang tidak bisa dilipat pada sisi bagian belakang dan depannya. Kontainer ini biasanya digunakan untuk mengangkut peralatan besar atau kargo.

  • Kontainer Refrigerated 

Refrigerated kontainer

Peti kemas berpendingin adalah ungkapan yang muncul di benak ketika menggambarkan jenis kontainer ini. Fungsinya adalah mengirimkan barang yang perlu disimpan pada suhu tertentu. Selanjutnya, bahan baku dipisahkan menjadi kategori dingin dan beku dan disesuaikan dengan suhu yang diinginkan. Buah-buahan, sayuran, daging dan produk mudah rusak lainnya biasanya diangkut.