5 Cara Masak Cumi Agar Empuk, Renyah, Dan Tidak Alot!

5 Cara Masak Cumi Agar Empuk, Renyah, Dan Tidak Alot!

Cara masak cumi dengan benar memang sangat penting, karena akan mempengaruhi tingkat rasa makanan itu sendiri. Memasak cumi bisa memakan waktu mulai dari beberapa menit hingga beberapa jam. Cumi-cumi bisa dipanggang, digoreng, atau dimarinasi dengan berbagai cara. Tidak semua metode memasak membutuhkan waktu yang sama. Berikut beberapa detail cara mengolah cumi agar tidak alot dan teksturnya kenyal.

5 Cara Masak Cumi Agar Tidak Alot

Cara masak cumi

  1. Cara Masak Cumi Sebentar Atau Sekalian Lama

Waktu memasak cumi-cumi merupakan faktor penting yang mempengaruhi tekstur akhir hidangan laut ini. Cumi harus dimasak dengan api besar untuk waktu yang singkat atau dengan api kecil untuk waktu yang lama. Cumi biasanya memiliki tekstur yang kasar jika dimasak menggunakan kedua teknik tersebut. Waktu memasak cumi adalah sekitar 2-3 menit. Jika lebih, akan memakan waktu sekitar 30-60 menit untuk mendapatkan kembali cumi yang empuk.

  1. Kelembutan Cumi Dipengaruhi Oleh Ukurannya

Potong cumi-cumi sekitar 12 inci kurang dari jumlah yang Anda ingin didihkan untuk waktu yang lama jika Anda ingin merebusnya untuk waktu yang lama. Sedangkan cumi-cumi yang paling mudah dipotong biasanya memiliki berat sekitar 285 gram.

  1. Merebus Cumi Selama 1 Menit

Cara masak cumi berikutnya yaitu Anda bisa merebusnya jika ingin melakukan teknik blanching. Cumi-cumi bersih hanya boleh dimasak selama satu menit dalam air mendidih. Kemudian segera celupkan ke dalam air es untuk mencegah cumi semakin matang. Segera marinasi atau rendam cumi dengan bumbu favorit Anda. Tambahkan cumi-cumi ke dalam sup beberapa menit sebelum disajikan. 

Baca lainnya :   Intip Resep Kastengel Enak, Persiapan Cemilan Tahun Baru!

Hidangan cumi

  1. Cara Masak Cumi Termudah 

Cumi bakar adalah cara mudah untuk menyiapkannya. Membersihkan cumi-cumi adalah triknya. Pertahankan bentuk tabung dan jangan dipotong. Ini juga bisa menjadi saus favorit Anda jika Anda membumbuinya dengan garam dan merica. Kemudian masak selama 2-3 menit di atas wajan teflon atau di atas panggangan arang.

  1. Cumi Dimasak Perlahan Selama 30-60 Menit

Apakah Anda ingin membuat cumi dengan banyak bumbu? Jangan khawatir tentang kekerasan cumi-cumi. Cara masak cumi yaitu dengan menyiapkan seafood tersebut dengan cara menggabungkannya dengan air dan bumbu-bumbu sesuai dengan caranya. Kemudian, selama minimal 30 menit hingga 60 menit, didihkan perlahan atau dengan api kecil hingga daging empuk.

  1. Goreng Cumi Selama 2-3 Menit Dan Tidak Lebih Dari 5 Menit

Waktu yang dicurahkan untuk menggoreng cumi tidak boleh berlebihan. Pastikan minyak goreng sudah dipanaskan terlebih dahulu. Lanjutkan menggoreng cumi secara teratur, pastikan wajan tidak terlalu penuh. Masak selama 2-5 menit, tergantung berapa lama Anda ingin menggoreng. Keluarkan dari oven segera setelah berwarna keemasan.

Itu dia penjelasan mengenai 5 Cara Masak Cumi Agar Empuk, Renyah, Dan Tidak Alot!. Kini, hidangan ini bisa Anda suguhkan dirumah dengan empuk tanpa rasa alot lagi. Jangan lupa, pastikan cumi atau hidangan seafood yang Anda gunakan masih fresh, agar kualitas rasa semakin lezat!