Jurusan Teknik Elektro Jarang Dipilih, Ternyata Peluang Kerjanya Bagus! 

Jurusan Teknik Elektro Jarang Dipilih, Ternyata Peluang Kerjanya Bagus!

Jurusan teknik elektro jarang masuk dalam daftar calon mahasiswa jurusan universitas favorit saat ini. Memang, perusahaan terus banyak diminati lulusan Jurusan Teknik Elektro. Untuk memperjelas, teknik elektro adalah cabang ilmu yang mempelajari kelistrikan dan aplikasi praktisnya.

Konsep, desain, pengembangan dan produksi peralatan listrik dan elektronika akan dibahas di Teknik Elektro. Selain itu, departemen teknik elektro mengajarkan siswa metode baru pembangkit listrik, sistem penyimpanan energi dan metode kontrol hemat energi.

Mengapa Memilih Jurusan Teknik Elektro?

Spesialis teknik elektro masih banyak diminati di tempat kerja. Hal ini disebabkan fakta bahwa seseorang dengan latar belakang teknik elektro diperlukan di hampir setiap bisnis. Telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, kedirgantaraan, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan jasa, dan bioteknologi hanyalah beberapa contoh.

Bisnis umumnya membutuhkan lulusan dari Departemen Teknik Elektro untuk memecahkan berbagai tantangan yang melibatkan sistem peralatan listrik dan elektronik, termasuk membangun sistem distribusi tenaga listrik.

Lihat perusahaan mana yang tidak membutuhkan listrik saat ini. Tentu saja, semua operasi bisnis membutuhkan penggunaan daya, bukan? Lulusan teknik elektro dapat bekerja sebagai pekerja yang memecahkan masalah kelistrikan di perusahaan atau sebagai peneliti yang melakukan eksperimen di laboratorium.

Salah satu hal yang peneliti lakukan di laboratorium adalah menjalankan serangkaian tes pada desain baru yang berasal dari penemuan teknik. Sumber daya manusia (SDM) yang ahli dalam hal ini akan sangat dibutuhkan di sektor migas. Seperti diketahui, para pekerja di industri minyak dan gas tetap menerima remunerasi yang cukup besar. Ini menjadi salah satu daya tarik utama Jurusan ini.

Lulusan dari jurusan teknik elektro dapat bekerja sebagai insinyur robotik, pencipta alat Internet of Things (IoT), desainer dan teknisi mekanik, teknisi dan operator pabrik, ahli robotika, insinyur listrik atau insinyur listrik, penelitian dan pengembangan (RnD), analis sistem , dan bahkan guru.

Baca lainnya :   5 Jenis Kontainer Pengiriman, Ada Yang Tak Pakai Atap!

Materi Yang Dipelajari

Jurusan Teknik Elektro

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro akan mempelajari aplikasi listrik, elektronik dan elektromagnetik. Listrik (arus kuat), elektronik (arus lemah) dan telekomunikasi adalah tiga bidang yang dipilih mahasiswa Teknik Elektro untuk fokus atau fokus.

Mahasiswa teknik elektro dapat berspesialisasi dalam teknik sistem kontrol, teknik instrumentasi, dan bidang lain selain tiga bidang inti. Sirkuit listrik, medan elektromagnetik, mikroprosesor, sistem kontrol, sistem telekomunikasi, teknik digital, dan materi kelistrikan adalah beberapa mata kuliah yang dapat dipelajari saat menempuh pendidikan tinggi di bidang teknik elektro.

Pengukuran beban listrik, konversi energi, pemrosesan sinyal digital, elektronika daya, medan listrik, dan topik lainnya juga dibahas. Mahasiswa dapat memilih bidang studi yang lebih spesifik jika ingin melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana. Dalam kebanyakan kasus, fokus studi akan disesuaikan dengan masing-masing institusi. Karena satu kampus bisa memiliki tujuan studi yang berbeda dengan kampus lainnya.

Itu dia penjelasan mengenai Jurusan Teknik Elektro Jarang Dipilih, Ternyata Peluang Kerjanya Bagus!. Kira-kira apakah Anda sudah menetapkan jurusan yang akan Anda pilih? Pertimbangkanlah jurusan ini bila Anda ingin mengambil teknik.