Simak! 6 Keuntungan Utama Cold Storage, Bikin Makanan Tahan Lama!

Simak! 6 Keuntungan Utama Cold Storage, Bikin Makanan Tahan Lama!

Cold storage adalah tempat yang paling efisien untuk menangani barang-barang yang mudah rusak, terutama buah dan sayuran. Ini digunakan untuk menjaga barang-barang tersebut tetap dingin dengan mengatur berbagai gas dan mempertahankan tingkat suhu dan kelembaban yang memadai di dalam sistem penyimpanan. 

Dalam aspek penjualan ataupun pembelian, cold storage digunakan dalam industri makanan dan sektor lain seperti farmasi, bioteknologi dan obat-obatan. Konsumsi berbagai barang dan komoditas telah meningkat secara dramatis dalam masyarakat yang didominasi oleh globalisasi. Ada banyak keuntungan dari penyimpanan dingin bahan mentah, beberapa di antaranya dijelaskan secara rinci di sini.

6 Keuntungan Penggunaan Mesin Cold Storage

  1. Buah Dan Sayuran Memiliki Umur Lebih Lama 

Seperti namanya, cold storage adalah proses penyimpanan produk yang mudah rusak pada suhu yang lebih rendah dari suhu normal dan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Pendinginan gudang dan penyimpanan lingkungan terkendali digunakan untuk menjaga produk pasca panen tetap segar mungkin. Berbagai gas seperti oksigen, karbon dioksida, karbon monoksida, dan nitrogen dikelola melalui perangkat presisi dan sensor khusus. 

Penyimpanan atmosfer terkendali dicapai dengan menurunkan kadar oksigen, yang membantu mengurangi respirasi pada buah-buahan dan sayuran, dan dengan meningkatkan kadar karbon dioksida. Sebagian besar sistem pendingin mencakup pengaturan untuk memastikan pengaturan suhu yang optimal, dan kelembaban memainkan peran penting. Teknik penyimpanan dingin memungkinkan buah-buahan musiman yang hanya dapat diproduksi selama beberapa bulan dapat bertahan lebih lama.

  1. Manajemen Suhu pada Mesin Cold Storage

Dalam hal preferensi, cold storage menawarkan berbagai kemungkinan. Ruang dingin menyediakan kontrol suhu yang mudah diakses untuk berbagai produk, termasuk buah-buahan, sayuran, obat-obatan, dan produk mudah rusak lainnya. Kontrol suhu dapat ditambahkan ke sistem pendingin ruangan dingin yang dapat dipantau dan dimodifikasi dari jarak jauh. Kontrol suhu dapat dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan produk pelanggan.

  1. Kenyamanan

Salah satu manfaat terbesar dari penyimpanan dingin massal adalah menghemat banyak uang bagi konsumen. Perhatian utama untuk sektor makanan adalah efisiensi biaya dan umur produk. Kamar dingin menghemat banyak uang dengan membatasi penguraian produk seminimal mungkin. Ada banyak kemajuan terbaru dalam teknologi penyimpanan dingin, salah satunya adalah penyimpanan gas, yang mempertahankan tekanan hingga 0,8 bar, menghemat sejumlah besar energi.

  1. Transportasi Produk

Semua perusahaan yang memerlukan produk mereka untuk disimpan dan diangkut pada suhu rendah sangat diuntungkan dari cold storage container. Unggas, susu, produk beku dan barang-barang lainnya perlu dipindahkan dari gudang ke distribusi dan outlet ritel, dan ini tidak dapat dilakukan pada suhu normal.

Baca lainnya :   Sudah Sarapan, Tapi Masih Sering Lapar? Simak Penyebabnya!

Produk seperti itu dapat memburuk dan menjadi tidak dapat dijual meskipun suhu berubah sedikit. Reefer container dapat dijadikan sebuah cold storage guna mengangkut zat yang sangat reaktif yang biasanya tidak mungkin untuk diangkut. Tanpa metode ini, transportasi yang aman dari obat-obatan ini tidak akan mungkin terjadi.

Ruang Cold Storage

  1. Buat Lebih Banyak Ruang

Mengelola produk grosir bisa jadi sulit, tetapi jauh lebih sulit jika berurusan dengan barang yang mudah rusak dan sensitif terhadap suhu. Barang yang mudah rusak sulit untuk disimpan dalam bisnis ritel karena memakan banyak ruang. Menambahkan peralatan pendingin ke ritel atau tempat lain yang lebih kecil membutuhkan banyak ruang dan tidak hemat biaya dalam jangka panjang. 

Cold storage menjadi one-stop shop untuk menyimpan persediaan makanan dalam jumlah besar sebelum mencapai gerai ritel. Menyimpan semua item ini di satu lokasi menyederhanakan manajemen inventaris dan memudahkan pelacakan penjualan dan pembelian. Suhu dan lingkungan juga lebih mudah dikontrol di cold storage daripada di toko retail.