Sudah Sarapan, Tapi Masih Sering Lapar? Simak Penyebabnya!

Sudah Sarapan, Tapi Masih Sering Lapar? Simak Penyebabnya!

Beberapa orang sarapan tetapi masih merasa lapar dan bukannya merasa kenyang dan energik. Apakah makan lagi atau tidak adalah keputusan yang sulit bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan. Di satu sisi, mengkonsumsi sesuatu berarti menambahkan kalori ke dalam makanan Anda. 

Sarapan tapi tetap lapar adalah masalah bagi orang yang berusaha menurunkan berat badan, tetapi juga masalah bagi orang yang tidak berusaha menurunkan berat badan. Sebenarnya, ada beberapa alasan kenapa Anda bisa sarapan tapi tetap lapar, dan semuanya ada hubungannya dengan kesehatanmu.

5 Alasan Sudah Sarapan Tapi Masih Lapar

sarapan

  1. Konsumsi kalori yang tidak mencukupi

Jumlah kalori yang dikonsumsi saat sarapan harus antara 300 dan 400. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, kalori sarapan Anda harus antara 300 dan 350 kalori. Jumlah kalori ini sangat penting untuk mengisi perut dan menyediakan energi untuk aktivitas kita. Jika kita makan kalori jauh lebih sedikit dari ini, mungkin ini sebabnya kita masih lapar setelah sarapan.

  1. Pentingnya isi makanan

Lebih penting untuk makan apa yang kita makan daripada berapa banyak yang kita makan. Akibatnya, komposisi makanan bisa menjadi faktor penentu untuk sarapan tetapi untuk rasa lapar. Protein dapat membantu Anda merasa kenyang, karbohidrat dapat memberi Anda energi, dan lemak sehat dapat membantu Anda merasa puas. 

Untuk sarapan, usahakan setidaknya 13-20 gram protein, 40-55 gram karbohidrat, dan 10-15 gram lemak sehat. Serat juga penting untuk dimakan saat sarapan karena membuat kita kenyang lebih lama. Daging seperti ayam, daging sapi tanpa lemak, dan udang merupakan makanan berprotein tinggi yang bisa dimakan untuk sarapan. Sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian adalah beberapa contoh makanan berserat tinggi.

  1. Makanan tinggi gula untuk sarapan

Pancake, bagel, muffin, dan makanan kaya gula lainnya bisa menjadi penyebab rasa lapar kita setelah sarapan. Meskipun makanan ini bisa menjadi alternatif sarapan yang terjangkau, makanan ini akan cepat membuat kita lapar karena memberikan ledakan energi yang cepat yang akan cepat habis. Jika Anda mengalami kesulitan untuk menyerah pada permen ini, pikirkan bagaimana Anda bisa membuatnya lebih substansial. Membuat menu banana bread menggunakan tepung protein, tepung rami, dan bahan lainnya misalnya.

  1. Salah mengenali sinyal lapar

Ketika Anda merasa sudah sarapan tetapi masih lapar, berhati-hatilah. Karena itu bisa menjadi indikasi lain daripada persyaratan untuk lebih banyak makanan. Kita bisa salah mengartikan tanda-tanda lapar. Sakit kepala, kelelahan, dan penglihatan kabur adalah indikator rasa lapar, tetapi bisa juga merupakan tanda dari hal lain. 

Baca lainnya :   Bingung Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga? Simak 6 Point Ini! 

Anda mungkin mengalami dehidrasi jika Anda lapar. Hal ini disebabkan ketidakmampuan tubuh untuk membedakan antara lapar dan haus. Jika Anda berpikir demikian, cobalah minum segelas air dan lihat bagaimana perasaan Anda. Kelaparan dapat menunjukkan bahwa kita telah mengkonsumsi terlalu banyak gula atau kadar gula darah kita sudah mulai turun, selain dehidrasi. Jika Anda merasa sudah sarapan tetapi masih lapar, luangkan waktu untuk mempertimbangkan perasaan Anda yang sebenarnya sebelum mengambil sesuatu untuk dimakan.

  1. Kurang tidur

Kurang tidur juga bisa menjadi faktor tidak sarapan tapi tetap lapar. Tidur malam yang baik sangat penting untuk berfungsinya hormon tubuh, terutama ghrelin, hormon rasa lapar. Orang yang kurang tidur memiliki kadar ghrelin yang lebih tinggi, yang berarti mereka lebih mungkin untuk merasa lapar. Jadi, untuk kualitas tidur yang lebih baik, cobalah buat rutinitas waktu tidur yang sehat dan kurangi penggunaan layar di malam hari.

Itu dia penjelasan mengenai Sudah Sarapan, Tapi Masih Sering Lapar? Simak Penyebabnya!. Sarapan merupakan langkah penting sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Pilihlah menu sarapan dengan bijak agar tubuh merasa segar dan sehat.