Resep Bolu Kukus Mekar, Mudah Dibuat Di Rumah & Anti Gagal! 

Resep Bolu Kukus Mekar, Mudah Dibuat Di Rumah & Anti Gagal! 

Bolu kukus adalah salah satu makanan yang sudah ada sejak dahulu. Kue ini merupakan kue yang dikukus dalam dandang dan mengandalkan uap untuk memasaknya. Resep bolu kukus memang terlihat sederhana, namun untuk membuat bolu kukus tidak bisa diremehkan. Tidak hanya itu, cara pembuatan bolu kukus pun berbeda-beda tergantung jenisnya.

Setiap resep bolu kukus memiliki cara dan keunikannya masing-masing dalam membuatnya. Spon kukus dapat ditemukan di toko roti dan supermarket dengan harga pada umumnya. Namun, Anda harus menyadari bahwa cara membuat resep bolu kukus yang mekar dengan indah bisa mendatangkan kesenangan tersendiri.

Resep bolu kukus akan terlihat mekar penuh apabila dibuat sesuai dengan petunjuk. Perlu Anda ketahui bahwa membuat bolu kukus mekar dengan sempurna adalah tugas yang sulit. Banyak orang mengklaim bahwa mereka tidak dapat membuat spon kukus yang berbunga indah. Bolu kukus yang dihasilkan berbentuk “mingkem” atau bantat adalah masalah dalam membuat bolu kukus yang umum terjadi. 

Resep Bolu Kukus Mekar Anti Gagal

Bolu Kukus

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat bolu kukus:

  • 200 gr tepung terigu protein rendah
  • 200 g gula 
  • 200 ml santan atau 65ml santan instan ditambah 135ml air
  • 1 butir telur di suhu ruang
  • 1 sendok makan emulsifier
  • Setengah sendok teh bubuk vanila
  • Pewarna makanan sesuai selera Anda.

Langkah membuat resep bolu kukus agar mengembang dan mekar sempurna:

  1. Campurkan semua bahan kedalam mangkuk, kecuali pewarna makanan.
  2. Kocok selama 10 menit dengan kecepatan tinggi menggunakan mixer. Campuran bahan akan berubah menjadi adonan yang sedikit lengket, keras dan kental.
  3. Untuk memberi warna yang beragam, bagi adonan menjadi beberapa bagian di dalam mangkok yang terpisah, lalu tambahkan warna yang berbeda sesuai selera dan aduk rata.
  4. Masukkan setiap segitiga adonan ke dalam segitiga plastik dan potong ujungnya. 2/3 isi dengan adonan alas cetakan kue bolu kukus yang sudah dialasi cup kertas. Kemudian, setelah benar-benar tertutup, semprotkan campuran warna lain di atasnya.
  5. Panaskan kukusan dengan api besar hingga uapnya cukup. Kukus selama 10 menit setelah menambahkan cetakan bolu kukus.
  6. Gunakan tusuk gigi untuk memeriksa apakah kue sudah termasuk dengan sempurna. Matikan api setelah memasak selesai.
  7. Bolu kukus siap disantap.
Baca lainnya :   15 Makanan Pelancar Asi Yang Baik Dikonsumsi Busui

Itu dia Resep Bolu Kukus Anti Gagal Beserta Cara Membuatnya yang mudah dilakukan di rumah. Membuat resep bolu kukus merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bagian terbaiknya adalah jika anda memiliki anak, Anda dapat mengajak mereka untuk membantu membuat bolu kukus yang mekar dengan baik. Minta mereka mewarnai adonan dan membentuknya menjadi berbagai pola dalam cetakan.

Anak Anda akan dapat melihat bunga spon mekar seperti bunga saat dimasak jika Anda menggunakan panci kukusan dengan tutup bening. Kegiatan ini pasti seru dan bisa membantu mengisi waktu di akhir pekan. Mari kita lihat cara membuat bolu kukus mekar!