4 Gaya Parenting Yang Berbeda Memiliki Dampak Pada Anak

  1. Gaya Parenting Otoritas

Otoritas parenting

Apakah Anda adalah orang tua yang berusaha membangun dan memelihara hubungan positif dengan anak Anda? Apakah Anda suka menjelaskan mengapa Anda melarang Anda? Atau sebagai orang tua, Anda menegakkan aturan dan memberikan hukuman dengan mempertimbangkan perasaan anak Anda? 

Jika pernyataan diatas benar, maka Anda mungkin orang tua yang mengendalikan. Orang tua yang otoritatif menetapkan standar dan menegakkannya, tetapi mereka juga mempertimbangkan pandangan anak-anak mereka. Mereka mengenali perasaan anak-anak mereka dan juga menekankan bahwa orang dewasa bertanggung jawab.

Gaya parenting yang otoritatif menghabiskan waktu dan usaha untuk mencegah masalah perilaku sebelum masalah itu muncul. Taktik disiplin positif, seperti sistem pujian dan penghargaan, juga digunakan untuk mempromosikan perilaku positif.

Menurut penelitian, anak-anak dengan orang tua otoritatif lebih cenderung menjadi individu yang bertanggung jawab dan percaya diri dalam mengekspresikan pikiran mereka. Anak-anak yang dibesarkan di bawah otoritas yang ketat cenderung lebih bahagia dan sukses. Mereka juga lebih mampu membuat keputusan independen dan menilai ancaman keamanan.

Baca lainnya :   Waspadai Baby Blues Dan Gejala Yang Dialami Pasca Melahirkan