4 Gaya Parenting Yang Berbeda Memiliki Dampak Pada Anak

4 Gaya Parenting Yang Berbeda Memiliki Dampak Pada Anak

Gaya parenting Anda mempengaruhi segalanya, mulai dari berat badan anak Anda hingga harga diri mereka. Karena cara Anda berinteraksi dengan anak Anda dan cara Anda mendisiplinkannya akan memengaruhinya sepanjang hidupnya, penting untuk memastikan gaya pengasuhan Anda mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Para peneliti menemukan 4 Jenis Gaya Parenting Yang Memiliki Dampak Pada Perilaku Anak, yaitu:

  1. Parenting Dengan Gaya Otoriter

Parenting Otoriter

Apakah Anda Anda merasa bahwa anak-anak harus dilihat daripada didengar? Atau apakah Anda acuh tak acuh terhadap perasaan anak Anda? Jika salah satu dari pernyataan itu berlaku untuk Anda, Anda mungkin orang tua yang diktator. Orang tua yang otoriter percaya bahwa anak harus selalu mengikuti aturan.

Ketika seorang anak mempertanyakan alasan suatu peraturan, orang tua yang otoriter terkenal akan menjawab, “Karena saya bilang begitu.” Mereka tidak tertarik untuk bernegosiasi dan hanya mementingkan mematuhi perintah.

Mereka juga mencegah anak-anak berpartisipasi dalam kesulitan atau hambatan pemecahan masalah. Sebaliknya, mereka menetapkan aturan dan menerapkan konsekuensinya tanpa mempertimbangkan pendapat anak.

Alih-alih disiplin, orang tua dengan parenting otoriter bisa menggunakan hukuman. Alih-alih mengajari seorang anak muda bagaimana membuat keputusan yang lebih baik, mereka memfokuskan waktu mereka untuk membuat anak-anak merasa tidak enak karena kesalahan mereka.

Anak-anak yang tumbuh dengan orang tua yang ketat dan otoriter lebih cenderung mengikuti aturan. Mereka juga bisa menjadi marah atau konfrontatif. Alih-alih memikirkan bagaimana memperbaiki keadaan di masa depan, anak-anak sering berfokus pada perasaan marah terhadap orang tua mereka. Karena orang tua yang otoriter seringkali keras, anak-anak mereka dapat mengembangkan kebiasaan berbohong untuk menghindari hukuman.

Baca lainnya :   4 Mainan Anak Untuk Melatih Motorik Usia 0-12 Bulan