Tidak ingin bekerja di luar rumah namun masih dapat penghasilan? cukup jalani usaha toko kelontong modern yang sangat menjanjikan ini. Bisnis satu ini sangat mudah dilakukan dan fleksibel kapanpun bisa. Beragam produk bisa dijual, mulai dari kebutuhan sehari-hari, sembako, makanan ringan, pakaian, dan barang menarik lainnya sesuai permintaan pasar.

Usaha toko kelontong satu ini bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan jika tahu tips dan trik sukses menjalaninya. Jika penasaran apa saja, simak ulasan lengkapnya di bawah ini, antara lain:

1. Up to Date Dengan Tren Terbaru

Salah satu tips sukses menjalani usaha toko kelontong modern adalah dengan selalu up to date terhadap tren terbaru. Kebanyakan produk-produk populer akan menarik perhatian masyarakat, sehingga memilih jenis barang seperti ini bisa mendatangkan banyak keuntungan. Pembeli cenderung membeli produk yang populer, jadi sediakan stok yang banyak ya! dijamin akan laku keras.

2. Pilih Barang Menarik

Selain harus up to date dengan tren terbaru, pilihlah barang yang sekiranya menarik dan unik. Fungsi utama usaha toko kelontong modern memang menyediakan kebutuhan sehari-hari, jadi adanya barang-barang unik yang tidak tersedia di toko lain akan menarik banyak konsumen bukan? Terutama barang kebutuhan cewek pastinya akan cepat laku. Beragam barang seperti majalah, bunga potong, peralatan dapur yang cantik, hingga peralatan bersih-bersih bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Suasana Toko Lebih Terang

Jika ingin menarik perhatian dan visual pembeli, buatlah suasana toko kelontong lebih terang. Hal tersebut membuat barang atau produk yang disediakan bisa terlihat dengan jelas oleh calon pembeli, sehingga toko menjadi terkesan lebih modern dan grafis nampak sangat baik dengan permainan warna yang ada. Terapkan konsep yang unik dan tambahkan beberapa desain rak  yang cantik.

4. Pintu Lebih Dari Satu

Tips sukses menjalankan usaha toko kelontong modern adalah dengan menyediakan pintu toko lebih dari satu. Hal ini akan memudahkan pembeli masuk ke dalam toko tanpa harus mengantre dan sekaligus menyiasati jika pelanggan semakin membludak. Pintu lebih dari satu juga akan memudahkan untuk berbelanja. Namun pastikan juga untuk memperhatikan letak penataan rak dan meja agar pembeli tidak bingung saat memilih barang.

5. Sediakan Berbagai Barang Kebutuhan Sehari-hari

Pastikan membuat toko kelontong modern yang berkonsep one stop store, dimana menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari secara lengkap. Dengan begitu, pembeli jadi lebih nyaman saat berbelanja dan tentunya menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Berbagai barang bisa dijual, yaitu seperti kebutuhan bahan makanan, alat tulis, makanan segar, produk daily, mainan anak hingga kosmetik. Masyarakat kini tidak perlu pergi ke toko yang berbeda-beda karena di satu toko saja sudah memiliki produk kebutuhan yang cukup lengkap.

6. Tempat Parkir Nyaman

Selain itu, penyediaan tempat parkir yang nyaman bisa jadi nilai tambah bagi pembeli. Dengan tempat parkit yang aman, nyaman dan luas untuk memarkir kendaraan membuat pembeli jadi lebih tertarik untuk berbelanja. Terapkan pula parkir gratis untuk memberikan layanan yang baik untuk setiap pelanggan toko agar semakin meningkat jumlahnya.

7. Promosi di Sosial Media

Jangan lupa pula promosikan produk dan toko kelontong modern di sosial media agar banyak orang semakin mengenal. Dengan begitu, keuntungan toko bisa meningkat dan menjanjikan sebagai usaha sampingan yang tidak mengeluarkan banyak tenaga ini.

Demikian informasi mengenai tips sukses menjalani usaha toko kelontong modern yang memberikan keuntungan menjanjikan. Pastikan untuk melakukannya secara konsisten dan mau menerima masukan positif dari sekitar ya. Hal tersebut bisa membangun usaha lebih baik lagi. Tingkatkan pula fasilitas toko yang dimiliki dan promosikan di akun sosial media agar semua orang tahu. Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis!