Traveling memang selalu menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Baik untuk melepas penat dari rutinitas yang membosankan, bisa mengunjungi tempat baru dengan pemandangan yang tidak biasa memang perlu dilakukan sesekali. Cara menikmati traveling adalah dengan mengabadikan moment. Untuk itu coba intip tips membuat foto traveling agar terlihat keren.

Saat melakukan traveling tentu hal yang dilakukan yang tidak boleh lupa dilakukan adalah mengabadikan saat-saat tersebut. Dalam mengabadikan momen traveling itu sendiri juga tidak bisa dilakukan sembarangan agar hasilnya bisa terlihat bagus dan keren. Nah berikut ini ada 10 tips membuat foto traveling bisa terlihat lebih keren dan berkesan.

1. Cari Sudut Pandang yang Unik

Saat mengambil foto usahakan jangan hanya terpaku pada posisi saat sedang berdiri atau duduk. Cobalah cari posisi lain yang lebih tinggi atau lebih rendah dari posisi semula. Cari yang sekiranya hasil foto bisa terlihat menarik dan berbeda dari sudut pandang awal. Mungkin posisi yang bagus terletak di tempat yang agak sulit, namun tidak ada salahnya mencoba agar foto traveling bisa terlihat keren.

2. Perhatikan Komposisi foto

Komposisi foto jika dalam dunia fotografi ada beberapa aturan menurut para ahli. Harus meletakkan objek pada sepertiga frame atau di tengah-tengah frame. Namun itu tidak bisa menjadi sebuah patokan. Hasil foto yang terlihat keren dan bisa dinikmati tergantung dari cara pengambil foto melihat.

3. Ambil Foto dengan Sederhana

Tak perlu mencari objek yang terlihat ramai atau berlebihan. Coba untuk melihat objek sederhana untuk ditangkap kamera. Objek yang sederhana sesekali bisa memberikan keunikan tersendiri dan enak untuk dilihat dan dinikmati.

4. Cari Objek Untuk Bingkai

Bingkai yang dimaksud di sini bisa memakai objek yang ada disekitar tempat pengambilan foto. Bisa menggunakan dahan pohon, jendela, atau gapura. Dengan adanya bingkai ini maka foto memiliki kesan ruang yang menambah ciri khas tersendiri.

5. Gunakan objek sebagai skala

Agar foto yang dihasilkan bisa lebih enak dilihat membuat perbandingan antar objek yang ada bisa menjadi cara penyampaian pesan dimensi dan ukuran. Yang melihat foto tersebut akan lebih menikmati foto yang dihasilkan.

6. Manfaatkan Golden Hour

Golden hour adalah saat-saat yang pas untuk mengabadikan sebuah momen terutama saat traveling. Cahaya matahari terbit maupun terbenam bisa menghasilkan warna yang terkesan hangat. Cahaya itu baik sekali untuk memberikan suatu objek cahaya dari samping.

7. Cobalah teknik panorama

Memang tidak semua kamera memiliki lensa yang bisa menghasilkan teknik panorama. Tenkin tersebut bisa didapatkan dengan cara mengambil gambar satu-satu yang kemudian dijadikan satu gambar menggunakan bantuan aplikasi seperti lightroom atau photoshop.

8. Luruskan garis horizon dengan bantuan grid

Jika menginginkan garis horizon yang lurus, menggunakan bantuan grid adalah solusinya. Teknik ini biasa dilakukan saat pergi traveling ke pantai dimana pantai ini memiliki garis cakrawala.

9. Cari Tempat yang Beda

Hindari mengambil foto di tempat yang sudah biasa digunakan oleh sejuta umat. Mencari tempat yang mungkin sedikit sulit dijangkau namun memiliki pemandangan yang lebih bagus dari tempat biasanya akan menghasilkan foto yang lebih unik dan menarik. Tentu ini juga akan menambah kesan traveling tersendiri.

10. Gunakan Kamera Terbaik

Definisi kamera terbaik di sini bukan berarti kamera yang mahal. Kamera terbaik adalah kamera yang bisa memberikan hasil foto yang jelas dan bisa mewakili pemilik kamera dalam menghasilkan foto yang indah. Gunakan kamera yang ada dengan maksimal. Bisa dengan mencoba beberapa tips di atas dan memaksimalkan fitur yang ada.

Nah, itu dia tips membuat foto traveling agar terlihat lebih keren dan berkesan. Tak perlu kamera mahal cukup menambah teknik pengambilan foto, dimulai dari cara yang sederhana saja dulu.