Kebutuhan akan fashion memang tidak akan ada matinya. Salah satunya adalah sepatu dan sandal terbilang sebagai kebutuhan primer. Sandal dan sepatu ini pasti akan selalu dibutuhkan untuk anak sekolah, mahasiswa, pekerja dan ibu rumah tangga. Melihat seberapa pentingnya sepatu dan sandal ini dibutuhkan. Tentu bisa melihat peluang usaha sepatu dan sandal ini. Di mana dapat memulai bisnis ini dengan melihat trend yang sedang berkembang di kalangan masyarakat.

Untuk itu sesuaikan jenis usaha dengan budget yang di miliki, tidak harus memiliki store yang besar, cukup mulailah semuanya dengan sederhana. Berikut ulasan lengkap mengenai strategi menyusun peluang dalam usaha sepatu dan sandal yang dapat dijadikan referensi:

1. Mencari Informasi

Langkah awal dalam sebuah usaha tentu menggali informasi terkait usaha yang digeluti. Jenis sepatu dan sandal apa yang akan anda jual. Seperti apa anda ingin lebih difokuskan menjual sepatu kulit atau menjual sepatu anak sekolah. Tentu dalam hal ini perlu menyesuaikan terhadap mayoritas kebutuhan masyarakat disekitar toko anda.

Selain kebutuhan pasar anda juga harus mengetahui informasi terkait kebutuhan untuk supplier toko anda. Disini anda perlu perbanyak jaringan relasi dalam mengembangkan usaha. Pilih supplier yang spesifik dengan barang yang akan anda jual. Usahakan anda memiliki lebih dari satu supplier, hal ini untuk membantu jika supplier yang satu belum dapat memenuhi kebutuhan anda.

2. Menyiapkan Modal

Dalam melihat peluang usaha sepatu dan sandal keberadaan modal disini sangat lah berperan, untuk itu ketahui pengeluaran-pengeluaran apa yang akan sangat di perlukan. Selain untuk membeli barang dagangan anda juga perlu untuk membayar sewa toko jika bukan milik sendiri. Jika anda merasa tidak sanggup menghandle toko dengan sendirian, anda bisa membayar karyawan satu atau dua orang. Tentu itu semua dapat disesuaikan dengan ketersediaan budget.

3. Barang Dagangan Yang Perlu Disiapkan

Sepatu dan sandal sendiri merupakan salah satu fashion yang memiliki banyak sekali variasi. Ketika anda melihat peluang usaha sepatu dan sandal anda perlu mengetahui jenis –jenis barang tersebut. Seperti sepatu terdapat banyak variasi jika disesuaikan dengan jenis kebutuhan contohnya sepatu untuk anak sekolah, sepatu untuk kekampus, sepatu untuk menanjak gunung , sepatu kulit untuk para pekerja dan sepatu untuk berolahraga.  Sedangkan sandal pun memilki variasi yang beragam. Seperti sandal jepit, heels, wedget dan sandal slop.

4. Lokasi Toko

Keberadaan toko offline anda sangat berpengaruh. Carilah lokasi toko yang sering dikunjungi oleh keramai yang memang bertujuan akan berbelanja. Seperti dekat dengan pasar, atau lokasi yang mudah dijangkau oleh pengendara seperti terletak tepat disisi jalan. Jika anda ingin memiliki toko online tidak ada salahnya menjajakan di marketplace yang sudah terkenal seperti tokopedia. Tentu hal ini akan lebih memudahkan anda dalam mempromosikan dengan cara yang lebih efektif.

5. Strategi Pemasaran

Melihat peluang usaha sepatu dan sandal anda juga harus melihat peluang target pasar. Langkah yang paling efektif adalah mempromosikan melalui sosial media usaha anda. Langkah kedua anda juga dapat memasang banner diskon depan toko anda. Untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu anda juga dapat menggunakan fitur beriklan pada platform marketplace yang anda gunakan.

Nah itu dia sederetan hal yang perlu anda persiapkan untuk memulai usaha sepatu dan sandal. Hal yang perlu diingat yaitu jangan sampai anda tertinggal trend yang sedang berkembang. Ketika anda menggeluti usaha di bidang fashion.